Liberating People; Critical Pedagogy on the Revolutionary Thought of Hassan Hanafi

M. Rodinal Khair Khasri*  -  Universitas Gadjah Mada, Indonesia

(*) Corresponding Author
The researcher observed the dimension of critical pedagogy in the context of Hassan Hanafi revolutionary thought. He was very good founding the fundamental thought in theology of liberation named Left Islam. This research used a literature study and historical-factual method to analyze the dimension of critical pedagogy on Hassan Hanafi revolutionary thought. The result of this research was new understanding about critical pedagogy dimension on Hassan Hanafi thought. First. Dehumanization in the context of education is inseparable from the influence of Western cultural imperialism. Second, The critical pedagogy found in Hassan Hanafi's thoughts is a pedagogy that aims to eliminate the destructive nature caused by the one-dimensional view that results in educational disorientation from the true educational goal of liberating people.

 

Abstrak

Artikel ini mempresentasikan hasil penelitian terhadap pemikiran revolusioner Hassan Hanafi sehingga ditemukan dimensi pedagogi kritisnya. Hassan Hanafi merupakan sosok pemikir Islam yang sangat baik di dalam membangun pemikiran-pemikiran fundamental di dalam konteks teologi pembebasan, serta yang paling terkenal ia sebut dengan istilah “Kiri Islam”. Penelitian ini termasuk dalam klasifikasi studi literatur dengan metode historis-faktual di dalam menganalisis dimensi pedagogi kritis di dalam pemikiran Hassan Hanafi. Hasil penelitian ini adalah pemahaman baru tentang dimensi pedagogi kritis di dalam pemikiran Hassan Hanafi. Pertama, dehumanisasi dalam konteks pendidikan adalah akibat dari pengaruh imperialisme budaya Barat. Kedua, pedagogi kritis Hasan Hanafi fokus pada upaya membangkitkan kesadaran eksistensial di tengah beragam permasalahan yang terjadi di masyarakat. Pedagogi kritis yang ditemukan di dalam pemikiran Hassan Hanafi merupakan pedagogi yang bertujuan untuk menghilangkan hal yang bersifat destruktif yang disebabkan oleh pandangan berdimensi-satu yang mengakibatkan disorientasi pendidikan dari tujuan pendidikan yang sesungguhnya yaitu memerdekakan manusia.

 

Keywords: Critical pedagogy; dehumanization; existential consciousness; opression; revolution; pedagogi kritis; Hassan Hanafi;

  1. Amaladoss, Michael. Life in Freedom: Liberation Theologies from Asia. New York: Orbis Books, 1997.
  2. Anwar, Muhammad. Filsafat Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.
  3. Bakker, Anton, dan Charris Zubair. “Metodologi Penelitian Filsafat.” Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 1990.
  4. Darmaningtyas, Edi Subkhan, dan Fahmi Panimbang. “Melawan Liberalisme Pendidikan.” Malang: Madani, 2014.
  5. Gandhi, Teguh Wangsa. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group, 2016.
  6. Hanafi, Hassan. “Bongkar Tafsir: Liberalisasi, Revolusi, dan Hermeneutik.” Diterjemahkan oleh Jajat Hidayatul Firadaus dan Neila Meuthia Diena Rochman. Yogyakarta: Prismasophie Pustaka Utama, 2003.
  7. ———. “Dari Akidah Ke Revolusi: Sikap Kita Terhadap Tradisi Lama.” Diterjemahkan oleh A. U. Ismail. Jakarta Selatan: Paramadina, 2003.
  8. ———. “Dari Akidah ke Revolusi: Sikap Kita Terhadap Tradisi Lama.” Diterjemahkan oleh Asep Usman Ismail. Jakarta Selatan: Paramadina, 2003.
  9. ———. “Studi Filsafat 1: Pembacaan Atas Tradisi Islam Kontemporer.” Diterjemahkan oleh Miftah Faqih. Yogyakarta: LkiS, 2015.
  10. Kanpol, Barry. “Critical Pedagogy and Liberation Theology: Borders For a Transformative Agenda.” Penn State-Harrisburg, 1996.
  11. Kesuma, Dharma. “Struktur Fundamental Pedagogi Paulo Freire dan Relevansinya untuk Pendidikan Indonesia.” Universitas Pendidikan Indonesia, 2013.
  12. Mas, Edi. “Revolusi Islam Iran dalam Pemikiran Ali Syari’ati.” Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2016.
  13. Nadiran, Hendri. “Pemikiran Kalam Hassan Hanafi: Rekonstruksi Epistemologi Keilmuan Kalam dan Tantangan Modernitas.” Intizar Vol.21 (2015): 247–59.
  14. Reyadi, Achmad. “KONSTRUKSI PENDIDIKAN KIRI ISLAM (Membumikan Pemikiran Hassan Hanafi).” Tadrîs Vol.8, no. 1 June 2013 (2013): 70–90.
  15. Wattimena, Reza Antonius Alexander. “Pemikiran Henry Giroux Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Untuk Indonesia.” Jurnal Filsafat 28, no. 2 (2018): 180–99.
  16. Z. A., Tabrani. “Isu-isu Kritis dalam Pendidikan Islam Menurut Perspektif Pedagogi Kritis.” Islam Futura 13, no. 2 (2014): 250–70.

Open Access Copyright (c) 2019 Nadwa
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 INDEXED BY

Journal Terindex di CrossrefJournal Terindex di LeidenJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di GarudaJournal Terindex di Base

View My Stats
apps