PENGGUNAAN SOFTWARE MATRIX LABORATORY (MATLAB) DALAM PEMBELAJARAN ALJABAR LINIER

budi cahyono

Abstract


Perkembangan dan kehadiran teknologi komputer telah memberikan kemudahan berbagai pihak untuk meng- gunakannya dalam bidang kehidupan,  termasuk pendi- dikan, sebagai sarana penunjang pendidikan. Komputer semakin memberikan manfaat yang besar di dunia pen- didikan, khususnya dalam proses pembelajaran. Terdapat ratusan bahkan ribuan program aplikasi komputer atau perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan untuk pembe- lajaran matematika, khususnya Aljabar Linier. Salah satu perangkat lunak bantu yang dapat digunakan dalam pem- belajaran Aljabar linier yaitu Matrix Laboratory (MATLAB). Program ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kecepatan, dan keakuratan dalam berbagai  perhitungan dalam pembelajaran aljabar linier sehingga waktu yang di- perlukan untuk mengerjakan lebih esien dan hasil yang diperoleh lebih akurat dibandingkan dengan perhitungan yang dilakukan secara manual, selain itu juga dapat mem- visualisasikan grak dalam bentuk 2 dimensi maupun 3 dimensi, misalnya dalam penyelesaian Sistem Persamaan Linier sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemaha- man terhadap materi yang diberikan.

Keywords


Aljabar Linier, Matrix Laboratory (MATLAB)

Full Text:

PDF

References


Anton, Howard. (1984). ALJABAR LINIER. Erlangga, Bandung

Caesarendra,W.,dan Ariyanto M.,(2011) Panduan Belajar

Mandiri MATLAB. Media Komputindo, Jakarta.

Firmansyah, A. (2007). Dasar-Dasar Pemrograman MATLAB. http:// ilmukomputer. org/2006/08/25/pengantar-pem- rograman-berbasis-aspek/, diakses tanggal, 2 Juni 2012.

Sahid. (2004). Aplikasi Komputer dengan MATLAB. Petunjuk Prak- tekum MATLAB, Edisi Revisi, Laboratorium Komputer Jurusan Pendidikan Matematika, UNY. http://www.lim- itedbookstore.com/buku/pengantar-komputasi-numerik- dengan-matlab-drs-sahid-msc.htm, diakses tanggal, 3 Juni

Sahid, (2007). Pengantar Komputasi Numerik Dengan Matlab. http://www.belbuk.com/pengantar-komputasi-numer- ik-dengan-matlab-p-3486.html

Hohari, K. (2010). Mengajar Matematika Secara Interaktif dengan Winplot dan Wingeom. http://bdksurabaya.kemenag. go.id/le/dokumen/wingeom.pdf, Diakses pada tanggal

Juni 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/phen.2013.3.1.174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :
Journal Terindex di DOAJJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di AcademiaJournal Terindex di Portal GarudaJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di SintaJournal Terindex di Crossref Journal Terindex di BaseJournal Terindex di onesearch


Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA

Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo
Jl. Prof. Hamka km 2, Ngaliyan, Semarang - Indonesia
Phone: +62 24 7615387
Email: phenomenon@walisongo.ac.id