STRATEGI PENGEMBANGAN SCIENCE GENERIC SKILLS (SGS) CALON GURU FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM

andi fadllan

Abstract


Beberapa hasil penelitian menunjukkan masih renda- hnya keterampilan generik lulusan perguruan tinggi, sep- erti keterampilan berkomunikasi, bekerjasama, motivasi, inisiatif, kreativitas, dan kemampuan berpikir logis, siste- matis dan komprehensif. Kondisi ini ternyata juga terjadi di LPTK yang notabene sebagai produsen guru.
Dalam tulisan ini akan dipaparkan bagaimana strategi pengembangan Science Generic Skills mahasiswa melalui Model Pembelajaran Group Investigation pada mata kuliah praktikum.

Sebagai sebuah model pembelajaran kooperatif, pener- apan Group Investigation pada mata kuliah praktikum dapat menjadi alternatif dalam mengembangkan Keterampilan Generik Sains calon guru. Adapun strategi penerapannya dapat dilakukan dengan melibatkan mahasiswa sejak per- encanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi praktikum me- lalui tahap-tahap dalam model Group Investigation, yang meliputi:  1)  mengidentifikasi topik  dan  membagi  siswa ke dalam kelompok, 2) merencanakan tugas, 3) membuat penyelidikan, 4) mempersiapkan tugas akhir (analisis dan sintesis), 5) mempresentasikan tugas akhir, dan 6) evaluasi.


Keywords


Science Generic Skills (SGS), Group Investigation

Full Text:

PDF

References


Fadllan, Andi. 2006. Panduan Praktikum Fisika Dasar I. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo.

Fadllan, Andi. 2006. Panduan Praktikum Fisika Dasar II. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo.

Irma, Dewi. 2007. Soft Skill?. Pikiran Rakyat, Kamis 17 Juni 2007.

Tersedia: http://aargantenk.multiply.com/journal/item

/70/Soft_Skill.

Margono, H. 2000. Metode Laboratorium. Malang: Jurusan Pendi- dikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang.

Rusnayati, H. dan Samsudin, A. 2010. Kegiatan Eksperimen Fisika Dasar I untuk Mengembangkan Generic Skills Calon Guru Fisika. Semarang: Prosiding Seminar Nasional Fisika 2010

Jurusan Fisika UNNES.

Semiawan, C. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Subhan, M., Hendratto, S., dan Wiyanto. 2010. Pengembangan Ac- tivity-Based Assessment untuk Mengukur Keterampilan Pros- es Eksperimen Fisika pada Siswa SMP 3 Bawen Kabupaten Semarang. Semarang: Prosiding Seminar Nasional Fisika

Jurusan Fisika UNNES.

Taufiq and Wiyono, K. 2009. The Application of Hypothetical De- ductive Learning Cycle Model to Improve Senior High School Students’ Science Generic Skills on Rigid Body Equilibrium. Proceeding International Seminar on Science, p. 641-648.




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/phen.2011.1.1.443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :
Journal Terindex di DOAJJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di AcademiaJournal Terindex di Portal GarudaJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di SintaJournal Terindex di Crossref Journal Terindex di BaseJournal Terindex di onesearch


Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA

Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo
Jl. Prof. Hamka km 2, Ngaliyan, Semarang - Indonesia
Phone: +62 24 7615387
Email: phenomenon@walisongo.ac.id