Partisipasi Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (KKG PAI SD) Kabupaten Boyolali dalam Meningkatkan Kompetensi Guru PAI SD
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi Kelompok Kerja Guru (KKG) dan pemetaan kebutuhan peningkatan kompetensi Guru PAI SD di kabupaten Boyolali. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode analitis-interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Partisipasi KKG PAI SD kabupaten Boyolali dalam meningkatkan kompetensi guru PAI SD meliputi; Pelatihan Lesson Study, Bintek/pelatihan Kurikulum 2013, Program pengembangan guru PAI dan membantu administrasi keguruan. Sedangkan hasil pemetaan kebutuhan peningkatan kompetensi guru PAI SD di Kabupaten Boyolali meliputi: pelatihan kurikulum 2013, pelatihan PTK, pelatihan BTA dan pelatihan media pembelajaran.
Downloads
Article Details
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
The work under license Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Echols, John M., Hassan Shadily, 1996. Kamus Inggris-
Indonesia. Jakarta:, PT. Gramedia Pustaka Utama.
Daulay, Haidar Putra, 2004. Pendidikan Islam dalam Sistem
Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Prenada
Media.
Harsono dan MJ Susilo, 2010. Pemberontakan Guru: Menuju
Peningkatan Kualitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hawi, Akmal, 2013. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam.
Jakarta: PT Grafindo Persada.
Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman, 1992. Analisis
Data Kualitatif, Terj. Tjetjep Rohandi Raihidi. Jakarta:
UI Press.
Moleong, Lexy. J., 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
_________, 2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munib, Achmad, 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang:
UNNES Press.
Musfah, Jejen, 2012. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui
Pelatihan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta:
Kencana Prenada Media Group.
Na’im, Ngainun, 2009. Menjadi Guru Inspiratif: Memberdayakan
dan Mengubah Jalan Hidup Siswa.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar..
Sudjana, Nana, 1991. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.
Bandung: Sinar Baru.
Tirtarahardja dan La Sulo, 2005. Pengantar pendidikan. Jakarta:
Rineka Cipta.
Usman, Moh. Uzer, 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya.
Wahyudin, Din, 1995. Monitoring dan Evaluasi Petunjuk bagi
Para Pelaksana. Jakarta: PEQIP.