Pembaharuan Pendidikan Islam Konsep Pendidikan Tinggi Islam Menurut Pemikiran Fazlur Rahman

Main Article Content

Aan Najib

Abstract

Fazlur Rahman idea of renewal Islamic college is lead to improvement of the current Islamic education. The final conclusion of this paper is (1).the formulation of thought the concept of Islamic higher education to be developed must be built on a solid paradigm spiritually, superior intellectually, and graceful morally with the Qur'an as a first reference and foremost. (2) offer a curriculum that are open to the studies of philosophy and social-science. (3) If the Islamic college in Indonesia is willing to follow the educational Fazlur Rahman thinking, motivation Indonesian Muslims to the development of science will be stronger, the dichotomy of science will be increasingly eroded.

Abstrak

Gagasan Fazlur Rahman tentang pembaharuan pendidkan tinggi Islam sangat berhubungan dengan peningkatan pendidikan Islam masa kini. Kesimpulan akhir dari makalah ini adalah (1) formulasi pemikiran tentang konsep pemikiran mengenai pendidikan tinggi Islam yang akan dikembangkan harus dibangun di atas paradigma spiritual yang solid, unggul secara intelektual, dan anggun secara moral sesuai dengan Al-Qur'an sebagai rujukan pertama dan terutama. (2) kurikulum yang terbuka untuk studi filsafat dan ilmu sosial. (3) Jika perguruan tinggi Islam di Indonesia bersedia mengikuti pemikiran pendidikan Fazlur Rahman, maka keinginan umat Islam Indonesia untuk pengembangan ilmu pengetahuan akan lebih kuat, dikotomi ilmu akan semakin terkikis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Al-Jumbulati, Ali dan at-Tuwainisi, Abdul Futuh, 1991. Dirasatun Muqaaranatun fi al- Tarbiyyah al-Islamiyyah., terj. HM. Arifin, Rineka Cipta.

Azra, Azyumardi, dalam Marwan Saridjo, 1996, Bunga Rampai Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Amissco.

______, 1994, Pendidikan Tinggi Islam dan Kemajuan Sain (sebuah Pengantar), Pengantar dalam buku ; Charles Michael Stanton, Higher Learning in Islam, Terj. H.Afandi dan Hasan Asari, Jakarta: Logos Publishing House

Bilgrami, 1989, Hamid Hasan dan Asyraf, Sayid Ali, Universitas Islam, terj. Ahmad, Yogyakarta: Tiara Wacana.

Husein, Syed Sajjad dan Ashraf, Syed Ali, 1979, Crisis Muslim Education, Hodder and Stoughton King Abdulaziz Uni-versity

Langgulung, Hasan, 1986, Manusia dan Pendidikan Suatu Analisis Psikologi dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka al-Husna.

Maarif, Ahmad Syafii, 1997, Pengembangan Pendidikan Tinggi Post Graduate Studi Islam Melalui Paradigma Baru yang Lebih Efektif, Makalah Seminar.

______, 1984, Fazlur Fazlur Rahman, al-Qur'an dan Pemikirannya dalam Islam, Edisi Indonesia, Bandung: Pustaka.

Mas'adi, Ghufron A., 1997, Pemikiran Fazlur Fazlur Rahman tentang Metodologi Pembaharuan Hukum Islam, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Muhaimin, dkk., 1999. Kontraversi Pemikiran Fazlur Fazlur Rahman, Studi Kritis Pembaharuan Pendidikan Islam, Cirebon: Pustaka Dinamika,.

Natsir, M., 1973, Kapita Selecta, Jakarta: Bulan Bintang.

Rachman, Budhy Munawar, 1995, “ Dari Tahap Moral ke Periode Sejarah Pemikiran Neomodernisme Islam Di Indonesia”, Dalam Jurrnal Ulumul Qur’an No 3. Vol. VI.

Rahman, Fazlur, 1968, Islam, New York, Anchor Books, dilengkapi 1979, edisi The Chicago University

______, 1982, Islam and Modernity, Transformation of an Intellectual Tradition, Chicago: The University of Chicago, terj. Ahsin Mohammad, 1985, Bandung : Pustaka

______,1976, “ The Qur’anic Solution of Pakistan’s Education Problems”, dalam Jurnal Islamic Studies Vol 6, no.4

Sutrisno ,2000, “ Epistimologi Pemikiran Fazlur Rahman Dan Implikasinya Dalam Pendidikan”, Tesis, IAIN Sunan Kalijaga.

______, 2006, Fazlur Rahman: Kajian Terhadap Metode, Epis-timologi dan Sistem Pendidikan, Cet. I, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tilaar, H.A.R., 1998, Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspektif Abad 21 Magelang: Tera Indo-nesia

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.