The Refinement on Character education to Strengthening Islamic Education in Industrial Era 4.0

Adun priyanto*  -  IAIN Purwokerto, Indonesia

(*) Corresponding Author

The research is to know the strengthening of Islamic educations in accordance with the need for the Industrial era 4.0 industrial era (turbulence era). Within those advancements, character education has become an oasis in the middle of morality decadences of millennial generation in the present society and a fort to prevent the destruction of a nation. The research method uses literature study by collecting data from documentation using the descriptive-analysis method. The results of the study concluded, Islamic education transformation is greatly required to gain solutions by strengthening Islamic educational management, Islamic educational leadership, and educational policy on character educations. Character education in Islamic Education does not only teach right or wrong but also teaches students to commit to doing the right thing. The character emphasizes practice in the students’ daily lives such as the implementation of, honest (Siddiq), trustworthy (Amanah), smart (fathonah) and conveys the truth (tabligh), in relationship, a good citizen attitude.  


Abstrak

Masyarakat Islam harus melakukan modernisasi pendidikan Islam dalam segala aspek pendidikan, kurikulum, tata kelola institusi, model dan strategi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan era industri 4.0 (era turbulensi). Dalam kemajuan tersebut, pendidikan karakter telah menjadi oase di tengah dekadensi moralitas generasi milenial di masyarakat saat ini dan benteng pencegah kehancuran suatu bangsa. Metode penelitian menggunakan studi pustaka dengan mengumpulkan data dari dokumentasi menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan, transformasi pendidikan Islam sangat diperlukan untuk mendapatkan solusi dengan memperkuat manajemen pendidikan Islam, kepemimpinan pendidikan Islam, dan kebijakan pendidikan pada pendidikan karakter. Pendidikan karakter dalam Pendidikan Islam tidak mengajarkan benar atau salah, tetapi juga mengajarkan siswa untuk berkomitmen melakukan hal yang benar. Karakter tersebut menekankan pada praktik dalam kehidupan sehari-hari siswa seperti pelaksanaan, jujur (siddiq), amanah (amanah), cerdas (fathonah) dan menyampaikan kebenaran (tabligh), dalam menjalin hubungan, sikap warga negara yang baik.

 

Keywords: Islamic educations; turbulence era, 4.0 industrial era; character education;Pendidikan Islam; era turbulensi, era industri 4.0; pendidikan karakter;

  1. Abdullah, Amin. 1995. Falsafah Kalam di Era Post Modernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Abdullah, Amin. dkk. 2014. Praksis Paradigma Integrasi-Interkoneksi dan Transformasi Islamic Studies di UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.
  3. Anees, Bambang Q. dkk. 2008. Pendidikan Karakter berbasis Al-Qur’an. Bandung:Simbiosa Rekatama Media
  4. Barry Busan & Gerald Segal. 1998. Anticipating The Future. London: Simon & Schuster
  5. Bayat, Asef dan Linda Herrera, (ed). 2010. Being Yoing and Muslim: New Cultural Politics in the Global South and North. New York: Oxford University Press.
  6. Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia (edisi ketiga). Jakarta:Balai Pustaka.
  7. Drijvers, P. (et.al). 2010. Algebra and technology. In P.
  8. https://bandungbarat.kemenag.go.id/news/view/436, accessed on 15 Januari 2020.
  9. https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/04/13002801/skor-pisa-terbaru-indonesia-ini-5-pr-besar-pendidikan-pada-era-nadiem-makarim?page=all, accessed on, 10 Januari 2020.
  10. https://kompas.id/baca/nusantara/2019/12/20/sebagian-kasus-kenakalan-remaja-dipicu-media-sosial/, accessed on 20 Januari 2020
  11. Mulyadi, Budi. “Model Pendidikan Karakter dalam Masyarakat Jepang”. Jurnal Izumi Volume 3, No 1, 2014.
  12. Musthofa Rembangy. 2010. Pendidikan Transformatif : Pergulatan kritis Merumuskan Pendidikan di Tengah Pusaran Arus Globalisasi. Yogyakarta: Teras.
  13. Nata, Abudin. “Pendidikan Islam Di Era Milenial”. Jurnal Conciencia. tt.
  14. Nata, Abudin. 1997. Filsafat Pendidikan Islam 1. Jakarta: Logos.
  15. Priatmoko, Sigit, “Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0”. Jurnal Ta’lim. Vol.1 No.2 Juli 2018.
  16. Rahman, Arif. dkk. 2019. Pendidikan Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. Depok: Komojoyo Press. E-book.
  17. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  18. Tilaar, H.A.R. 2002. Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: Rieneke Cipta.
  19. Umiarso dan Asnawan. 2017. Kapita Selekta Pendidikan Islam : Isu-isu Kontemporer Pendidikan Islam dalam Bingkai Ke Indonesiaan. Depok: Kencana.
  20. Universitas Terbuka Convention Center, “Strategi Peningkatan Profesionalisme Guru Dalam Menghadapi Tantangan Di Era Digital”. Jurnal. 26 November 2018.

Open Access Copyright (c) 2020 Nadwa
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 INDEXED BY

Journal Terindex di CrossrefJournal Terindex di LeidenJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di GarudaJournal Terindex di Base

View My Stats
apps