Antisipasi Degradasi Moral di Era Global

Sofa Muthohar*  -  UIN Walisongo Semarang

(*) Corresponding Author

In the globalization era, environment has a broad definition. Someone could very easily find an atmosphere that he likes. It brings to positive or negative effects. Teenagers (aged 12-22 years) are the generation most vulnerable to the negative influences that lead to moral decadence. This problem is very
difficult to overcome if it just rely on the secular West psychological theories. Islamic education is expected to provide a solution to these problems through functional strategy, integral and progressive. Religious teachings not only memorized but should also be presented in the spirit to assist young
people in solving the problem. This strategy could be: guiding problem solving in dealing with problems themselves and society as well as the formation of an integral understanding of his relationship with God. Teens should have spirit that can transform itself into a superior person.
 
Abstrak


Dalam era globalisasi, lingkungan memiliki definisi yang luas. Seseorang bisa sangat mudah menemukan suasana yang dia suka sehingga memunculkan efek positif atau negatif. Remaja merupakan generasi yang paling rentan terhadap pengaruh negatif yang menyebabkan dekadensi moral. Masalah ini sangat sulit diatasi jika hanya mengandalkan teori-teori psikologi Barat yang sekuler. Pendidikan Islam diharapkan mampu memberikan solusi masalah ini melalui strategi yang fungsional, integral dan progresif. Ajaran agama tidak hanya dihafal tetapi juga harus dihadirkan dalam jiwa untuk mendampingi kaum muda dalam menyelesaikan masalahnya. Strategi ini bisa berupa: pembimbingan problem solving dalam menghadapi persoalan diri dan masyarakatnya serta pembentukan pemahaman secara integral tentang hubungannya dengan Allah. Remaja harus memiliki mental yang dapat merubah dirinya menjadi pribadi yang unggul.

Keywords: moral; degradation; teens; globalization; progressive Islamic; education; integral; functional; Degradasi moral; remaja; globalisasi; pendidikan Islam; fungsional; integral; dan progresif.

  1. Ahimsa-Putra, Shri, Strukturalisme Levi-Strauss, Mitos dan Karya Sastra, Yogyakarta: Galang Press, 2001.
  2. Al-Mighwar, Muhammad, Psikologi Remaja, Petunjuk Bagi Guru dan Orang Tua, Bandung: Pustaka Sia, 2011.
  3. Arief, Armai, Tantangan Pendidikan di Era Global, Artikel, Jakarta: FAI-UMJ, 2010.
  4. Aziz, Abdul, Esai-Esai Sosiologi Agama, Jakarta: Diva Pustaka, 2006.
  5. Darwis, Djamaluddin, Dinamika Pendidikan Islam, Sejarah, Ragam dan Kelembagaan, Semarang: RaSAIL (Ranah Ilmu-Ilmu Sosial Keagamaan dan Interdisiplier, 2010.
  6. Daradjat, Zakiah, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintag, 1979.
  7. Jenggis P, Akhmad, 10 Isu Global di Dunia Islam, NFP Yog-yakarta: Publishing, 2012.
  8. Kartono, Kartini dan Jenny Andari, Hygiene Mental dan Kesehatan Mental dalam Islam, Bandung: Mandar Maju, 1989.
  9. Kartini Kartono, Patologi Sosial 2, Kenakalan Remaja, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.
  10. Madjid, Nurcholish, Islam Doktrin dan Peradaban, Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina, 1992.
  11. Nurihsan, Achmad Juntika dan H. Mubiar Agustin, Dinamika Perkembangan Anak & Remaja, Tinjauan Psikologi, Pendidikan, dan Bimbingan, Bandung: Refika Aditama, 2013.
  12. Huntington, Samuel P., The Clash of Civilization and TheRe-making of World Order,1996. Terj. M.Sadat Ismail, Benturan Antar Peradaban dan Masa Depan Politik Dunia,Yogyakarta: Qalam, 2000.
  13. Suyanto, dan Djihad Hisyam, Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III, Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2000.
  14. Yin-wah Chu: Sociology, Global Culture: hegemony or plurali-ty?,www.edb.gov.hk/FileManager/TC/Content_5205/chuyw_global_culture_text.ppt
  15. http://aurabianglala.blogspot.com/2012/12/periode-emas-dan-kri-tis-pada-anak.html
  16. http://hukum.unmuhjember.ac.id/index.php/13-berita/11-kenaka-lan-remaja.
  17. http://hukum.unmuhjember.ac.id/index.php/13-berita/11-kenakal-an-remaja.
  18. http://www.m-edukasi.web.id/2013/08/budaya-dan-Karakter-wajah-kurikulum-baru.html, Yanuri Natalia Sunata Copyright www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia.

Open Access Copyright (c) 2016 Nadwa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 INDEXED BY

Journal Terindex di CrossrefJournal Terindex di LeidenJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di GarudaJournal Terindex di Base

View My Stats
apps