Antisipasi Degradasi Moral di Era Global

Main Article Content

Sofa Muthohar

Abstract

In the globalization era, environment has a broad definition. Someone could very easily find an atmosphere that he likes. It brings to positive or negative effects. Teenagers (aged 12-22 years) are the generation most vulnerable to the negative influences that lead to moral decadence. This problem is very
difficult to overcome if it just rely on the secular West psychological theories. Islamic education is expected to provide a solution to these problems through functional strategy, integral and progressive. Religious teachings not only memorized but should also be presented in the spirit to assist young
people in solving the problem. This strategy could be: guiding problem solving in dealing with problems themselves and society as well as the formation of an integral understanding of his relationship with God. Teens should have spirit that can transform itself into a superior person.
 
Abstrak


Dalam era globalisasi, lingkungan memiliki definisi yang luas. Seseorang bisa sangat mudah menemukan suasana yang dia suka sehingga memunculkan efek positif atau negatif. Remaja merupakan generasi yang paling rentan terhadap pengaruh negatif yang menyebabkan dekadensi moral. Masalah ini sangat sulit diatasi jika hanya mengandalkan teori-teori psikologi Barat yang sekuler. Pendidikan Islam diharapkan mampu memberikan solusi masalah ini melalui strategi yang fungsional, integral dan progresif. Ajaran agama tidak hanya dihafal tetapi juga harus dihadirkan dalam jiwa untuk mendampingi kaum muda dalam menyelesaikan masalahnya. Strategi ini bisa berupa: pembimbingan problem solving dalam menghadapi persoalan diri dan masyarakatnya serta pembentukan pemahaman secara integral tentang hubungannya dengan Allah. Remaja harus memiliki mental yang dapat merubah dirinya menjadi pribadi yang unggul.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ahimsa-Putra, Shri, Strukturalisme Levi-Strauss, Mitos dan Karya Sastra, Yogyakarta: Galang Press, 2001.

Al-Mighwar, Muhammad, Psikologi Remaja, Petunjuk Bagi Guru dan Orang Tua, Bandung: Pustaka Sia, 2011.

Arief, Armai, Tantangan Pendidikan di Era Global, Artikel, Jakarta: FAI-UMJ, 2010.

Aziz, Abdul, Esai-Esai Sosiologi Agama, Jakarta: Diva Pustaka, 2006.

Darwis, Djamaluddin, Dinamika Pendidikan Islam, Sejarah, Ragam dan Kelembagaan, Semarang: RaSAIL (Ranah Ilmu-Ilmu Sosial Keagamaan dan Interdisiplier, 2010.

Daradjat, Zakiah, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintag, 1979.

Jenggis P, Akhmad, 10 Isu Global di Dunia Islam, NFP Yog-yakarta: Publishing, 2012.

Kartono, Kartini dan Jenny Andari, Hygiene Mental dan Kesehatan Mental dalam Islam, Bandung: Mandar Maju, 1989.

Kartini Kartono, Patologi Sosial 2, Kenakalan Remaja, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.

Madjid, Nurcholish, Islam Doktrin dan Peradaban, Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina, 1992.

Nurihsan, Achmad Juntika dan H. Mubiar Agustin, Dinamika Perkembangan Anak & Remaja, Tinjauan Psikologi, Pendidikan, dan Bimbingan, Bandung: Refika Aditama, 2013.

Huntington, Samuel P., The Clash of Civilization and TheRe-making of World Order,1996. Terj. M.Sadat Ismail, Benturan Antar Peradaban dan Masa Depan Politik Dunia,Yogyakarta: Qalam, 2000.

Suyanto, dan Djihad Hisyam, Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III, Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2000.

Yin-wah Chu: Sociology, Global Culture: hegemony or plurali-ty?,www.edb.gov.hk/FileManager/TC/Content_5205/chuyw_global_culture_text.ppt

http://aurabianglala.blogspot.com/2012/12/periode-emas-dan-kri-tis-pada-anak.html

http://hukum.unmuhjember.ac.id/index.php/13-berita/11-kenaka-lan-remaja.

http://hukum.unmuhjember.ac.id/index.php/13-berita/11-kenakal-an-remaja.

http://www.m-edukasi.web.id/2013/08/budaya-dan-Karakter-wajah-kurikulum-baru.html, Yanuri Natalia Sunata Copyright www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia.

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.