Pengembangan Model Perencanaan Himpunan Data dan Aplikasi Instrumentasi Berbasis Pola Tujuh Belas Plus
Main Article Content
Abstract
This paper describes the development of a set of data and planning models based instrumentation applications seventeen plus patterns in BK teachers SMP / MTs in Bondowoso. The results of this study indicate that counselling activity planning model using the approach pattern seventeen plus becomes very necessary. B.K. teachers in SMP/MTs of Bondowoso still do not have a wide range of data that should be held for the provision of counselling services. The teachers feel it is important to have variety of data sets and instrumentation applications for the smooth running of counselling services (score = 3.23). The evaluation of the implementation of set of data and applications instrument was still very low (score = 1.14). The planning model development activities and application instrumentation data set found that B.K. teachers desperately need (score = 4.28). The assessment model development planning activities data set and instrumentation applications that are promoted rated excellent (score = 4.47).
Abstrak
Makalah ini menjelaskan pengembangan model perencanaan himpunan data dan aplikasi instrumentasi berbasis pola tujuh belas plus pada guru B.K. SMP/MTs di Bondowoso. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model perencanaan kegiatan konseling dengan menggunakan pendekatan pola tujuh belas plus menjadi sangat perlu dilakukan agar implementasinya sesuai dengan kebutuhan siswa. Guru BK SMP/MTs di Bondowoso masih banyak yang belum memiliki berbagai data untuk penyelenggaraan layanan konseling. Guru-guru tersebut sangat memerlukan himpunan data dan aplikasi instrumentasi untuk kelancaran menjalankan tugasnya (rerata = 3,23). Sementara evaluasi pelaksanaan himpunan data dan aplikasi instrumennya ternyata masih sangat rendah (rerata = 1,14. Guru-guru BK juga sangat membutuhkan (rerata = 4,28). Penilaian pengembangan model perencanaan kegiatan himpunan data dan aplikasi instrumentasi yang dipromosikan dinilai sangat baik (rata = 4,47)
Downloads
Article Details
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
The work under license Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aghnia, “Strategi Belajar di Perguruan Tinggi”, (http://aghnia-rahmah.blogspot.com/2011/10/strategi-belajar-di-perguruan-tinggi.html), diakses 10 Januari 2015.
Bunting I.J., An Education for Our Time, (Washington D.C.: Regnery Publishing, 1998).
Crawford, Alan, et.al., Teaching and Learning Strategies for Thinking Classroom, (New York: The International Debate Education Association, 2005).
Dryden, G and Vos, J., The Learning Revolution, (USA: The Learning Web, 1999).
Hakim, Abdul, “Memahami & Menghayati Masalah-masalah Kepemudaan”, (http://alhakiiim.blogspot.com/2012/11/ memahami-menghayati-masalah-masalah_13.html). Diakses: 10 Januari 2015.
http://www.nyit-nyit.net/topic/55025-cara-belajar-efektif-di-perguruan-tinggi/
IAIN Walisongo, Buku Panduan Program Sarjana (S.1) dan Diploma 3 (D.3) Tahun Akademik 2013-2014.
IAIN Walisongo, Keputusan Rektor IAIN Walisongo tentang Mahasiswa Aktif, Lulus, Cuti, dan Dicutikan serta diberhentikan sebagai mahasiswa pada Semester Genap Tahun Akademik 2013-2014.
Kurniawan, Hendy, Kuliah Dibatasi Hanya 5 Tahun. http://jogja.tribunnews.com/2014/09/05/kuliah-dibatasi-hanya-5-tahun/, diakses 05 September 2014.
Kurniawati, A.A., Analisis Problem-Problem Keterlambatan Penyelesaian Studi Mahasiswa di Stain Salatiga (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Tahun Ajaran 2004 dan 2005. http://eprints.stainsalatiga.ac.id/ 659/1/ANALISIS %20PROBLEM-PROBLEM%20 KETERLAMBATAN%20PENYELESAIAN%20 STUDI% 20-STAIN%20SALATIGA.pdf, diakses 1 Oktober 2014.
Lidinillah, Abdul Muiz, Strategi Belajar Di Perguruan Tinggi (PT). (http://dindin-abdulmuiz.blogspot.com/2008/09/strategi-belajar-di-perguruan-tinggi-pt.html), diakses 10 Januari 2014.
Mahmud, M.D., Psikologi Pendidikan, (Jakarta: PPLPTK, 1989).
Nadirah, Y.F. 2011. Hubungan Antara Stres dan Bersyukur dengan Keterlambatan Penyelesaian Studi pada Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa yang Mengalami Keterlambatan Penyelesaian Studi di Fakultas Tarbiyah IAIN "SMH" Banten). http://iainbanten.ac.id/berita-314-hubungan-antara-stress-dan-bersyukur-dengan-keterlambatan-penyelesaian-studi-pada-mahasiswa.html. Download 1 Oktober 2014.
Nurdiana, Aty, “Cara Belajar di Perguruan Tinggi”. (http://lenterastkippgribl.blogspot.com/2013/02/cara-belajar-di-perguruan-tinggi.html), diakses 11 Januari 2015.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 55 Tahun 2013 tertanggal 23 Mei 2013, tentang Biaya Kuliah Tunggal (BKT) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
Permendikbud Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Purwanto, Ngalim, Psikologi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1990).
Raharjo, Edzan. “Masa Kuliah Dibatasi Maksimal Hanya 5 Tahun, Mahasiswa UGM Unjuk Rasa”. (http://news.detik.com/ read/2014/09/16/125853/2691572/10/masa-kuliah-dibatasi-maksimal-hanya-5-tahun-mahasiswa-ugm-unjuk-rasa), diakses 16 September 2014.
Rooijakers, A. Mengajar dengan Sukses, terj. Soenoro, (Jakarta: Gramedia, 1982).
Rosyid, Daniel Mohammad, “Sukses Kuliah di Perguruan Tinggi. Siapa Takut?”, (http://danielrosyid.com/buku-baru-sukses-kuliah-di-perguruan-tinggi-siapa-takut.html), diakses 10 Januari 2014.
Sukma, A., Studi Empiris Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, dan Stres Kuliah terhadap Keterlambatan Penyelesaian Studi (Studi pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Brawijaya Malang), (http://jimfeb.ub.ac.id/index. php/jimfeb/article/view/707/649, diakses 1 Oktober 2014.
Sukmadinata, Nana Saodih, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010).
Ziehe, T., “Masalah Pembelajaran Norma Anak Muda dalam Konteks Sikap Dasar Kultural”, dalam Knud Illeris (Ed.), Teori-Teori Pembelajaran Kontemporer, terj. M. Khozim, (Bandung: Nusa Media, 2011).