Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab (Studi Eksperimen Pada MAN 1 Semarang)

Main Article Content

Nur Maziyah Ulya

Abstract

Abstract
This study aims to analyze: (1) The difference of students‟
achievement between students studying at cooperative learning class and those studying at conventional learning class; (2) The difference of students‟ achievement between the introvers and the extroverts; (3) The interactive influence between learning method and students‟ personality type toward students‟ achievement in Arabic language. This research used experimental
design conducted at MAN 1 Semarang.. The result of this research shows that: (1) There is significant difference in students‟ achievement between students studying at the cooperative learning class and those studying at conventional learning class; (2) There is no significant difference in students‟ achievement between the introvers and the extrovers; (3) There is significant interactive influence between cooperative learning method and
students‟ personality type toward students‟ achievement in Arabic language. Based on these results, the first and third research hypotheses are received, while the second research hypothesis is rejected.


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Perbedaan prestasi siswa antara siswa yang belajar di kelas pembelajaran kooperatif dan mereka belajar di kelas pembelajaran konvensional; (2) Perbedaan prestasi siswa antara introvers dan ekstrovert; (3) Pengaruh interaktif antara metode pembelajaran dan 'tipe kepribadian terhadap siswa berprestasi dalam bahasa
Arab. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen yang dilakukan di MAN 1 Semarang Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan yang signifikan dalam prestasi siswa antara siswa yang belajar di kelas pembelajaran kooperatif dan mereka belajar di kelas pembelajaran konvensional; (2) Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam prestasi siswa antara introvers dan extrovers; (3) Ada pengaruh interaktif yang signifikan
antara metode pembelajaran kooperatif dan 'tipe kepribadian terhadap siswa siswa berprestasi dalam bahasa Arab. Berdasarkan hasil ini, hipotesis penelitian pertama dan ketiga diterima, sedangkan hipotesis penelitian kedua ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Al Khûlī, Muḥammad „Alī, 1986, Asālīb Tadrīs al Lugah al „Arabiyah, Riyaḍ: Jāmi‟ah al Imām Muḥammad ibn Sa‟ûd.

Al „Azīz, Sālih „Abd, dan Al Majīd, „Abd al „Azīz „Abd, tth, Al Tarbiyah wa Turuq al Tadrīs. Juz I. Cairo: Dār al Ma‟arif.

Arsyad, Azhar, 2003, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baharuddin, 2012, Psikologi Pendidikan:Refleksi Teoritis terhadap Fenomena, Jogjakarta: ArRuzz Media.

Bloom, Benjamin S. (Ed.), Engelhart, M.D., Furst, E.J., Hill, W.H.,& Krathwhol, 1956, Taxonomy of Educational

| Nur Maziyah Ulya

Objectives: The Classification of Educational Goals, Handbook I: Cognitive Domain, New York: David McKay.

Brown, Douglas, 1994, Usus Ta‟allum al Lugah wa Ta‟līmihā, Beirut: Dār al Nahḍah al „Arabiyah.

Departemen Pendidikan Nasional, 2008, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Jakarta: Gramedia.

Effendy, Ahmad Fuad, 2005, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat.

Eysenck, Hans, 1947, Dimensions of Personality, Kegan Paul, Trench, Trubner & Co., Ltd.

Hadjar, Ibnu, 2011, Dasar-Dasar Statistik Untuk Ilmu Pendidikan Sosial dan Humaniora, Semarang: Fakultas Tarbiya IAIN Walisongo Semarang.

Huda, Miftahul, 2013, Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hughes, Arthur G. dan Hughes, E. H., 1982, Al Ta‟allum wa al Ta‟līm: Madkhal fi al Tarbiyah wa „Ilm al Nafs, Riyadh: „Imādah Syu‟un al Maktabāt.

Iskandarwassid, 2011, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kagan, Spencer & Miguel Kagan, 2009, Kagan Cooperative Learning, diunduh pada 31 Oktober 2014, dari http://www.kaganonline.com/

Kumaravadivelu, 2006, Understanding Language Learning: From Method to Postmethod, London: Lawrence Erlbaum Associates Publisher.

Lie, Anita, 2004, Cooperative Leaning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang kelas, Jakarta: Grasindo.

Marcela, Verešová, 2015, Learning Strategy, Personality Traits and Academic Achievement of University Students, Journal Procedia - Social and Behavioral Sciences 174, Elsevier Ltd.

Romiszowski, A. J., 1981, Designing Instructional Systems, London: Kogan Page.

Simukonda, Chendela Prisca, 2002, The Relationship between Extraversion-Introversion and Academic Achievement in Grade Twelve Pupils of Selected Schools in Lusaka,

| Nur Maziyah Ulya

Tesis: The University of Zambia School of Education Lusaka.

Slavin, Robert E., 2005, Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik, diterjemahkan oleh Narulita Yusron, dari Cooperative Learning: Theory, Research and Practice, Bandung: Nusa Media.

Suprijono, Agus, 2013, Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad, 2013, Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana.

Suja‟i, 2008, Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab: Strategi dan Metode Pengembangan Potensi, Semarang: Walisongo Press.

Tarigan, Henry Guntur, 1993, Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa, Bandung: Angkasa.

Tu‟aimah, Rusydī Ahmad, 1989, Ta‟līm al Lugah li Gair an Natiqīn bihā: Manāhijuh wa Asālibuh, Arribāt: Mansyurāt al Munazzamah al Islāmiyah wa al „Ulûm wa al Saqāfah.

--------, 2004, Al mahārāt al Lugawiyyah: Mustawayātihā Tadrīsihā ṣu‟ûbātihā, Cairo: Dar el Fikr el Arabī.

Zaenuddin, Radliyah, Septi Gumiandari, Bisri Imam, Hasan

Saefullah & Sumanta, 2005, Metodologi & Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group.

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.