PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA TADRIS MATEMATIKA IAIN WALISONGO SEMARANG
Main Article Content
Abstract
Trigonometri merupakan pelajaran yang bersifat abstrak. Agar ma- teri yang bersifat abstrak menjadi mudah dipahami diperlukan suatu me- dia pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran trigonometri adalah media animasi. Efek animasi pada media animasi membuat media tersebut menjadi lebih menarik se- hingga mampu menarik perhatian mahasiswa. Pemanfaatan media ani- masi dalam pembelajaran dapat membangkitkan keinginan, minat, serta meningkatkan motivasi mahasiswa. Penggunaan media animasi mampu merangsang kegiatan belajar mahasiswa, membantu keefektifan proses pembelajaran, memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi yang diberikan. Selain itu, penggunaan media ani- masi juga dapat menjelaskan materi yang bersifat abstrak menjadi konkret sehingga membantu mahasiswa dalam memahami pelajaran trigonometri. Hal ini berakibat pada meningkatnya hasil belajar mahasiswa pada kelas yang pembelajarannya menggunakan media animasi. Dengan demikian penggunaan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Tadris Matematika IAIN Walisongo Semarang.
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pende-
katan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Ginting, Abdurahman. 2007. Esensi Praktis Belajar dan Pem-
belajaran. Bandung : Humaniora.
Latuheru, John D. 1988. Media Pembelajaran dalam Proses Be- lajar Mengajar Masa Kini. Jakarta : Departemen Pendi- dikan dan Kebudayaan.
Nasution, S. 2003. Metode Research. Jakarta : Bumi Aksara. Sadiman, A. S. dkk. 1996. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : PT. Raya Grafindo Persada.
Salimyes. Download Media Pembelajaran Matematika Ber- basis Macromedia Flash. [Online]. (salimyes.blogspot. com/2009/06/download-media-pembelajaran-matemati- ka.html). Diakses pada tanggal 25 Maret 2013.
Sudjana, Nana dan A. Riva’i. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru Algesindo.
Susilana, Rudy dan Riyana, Cepy. 2008. Media Pembelajaran; Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung : Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan-FIP-UPI.
Utami, D. 2007. Animasi dalam Pembelajaran. [Online]. (www. uny.ac.id/akademik/default.php). Diakses pada tanggal
Februari 2013.