Dampak Strategi Problem Posing terhadap Critical Literacy Siswa SLB

Main Article Content

Anisa Sholihah, Ani Rusilowati

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dampak strategi problem posing terhadapcritical literacysiswa sekolah luar biasa (SLB). Subjek Penelitian kualitatif ini menggunakan Single Subject Research Design yaitu satu siswa SLBtipe D(Tunadaksa) kelas VII SLB Purwosari, Kudus. Penelitian ini terdiri atas dua fase yaitu: (1) Fase Baseline “A”, observasi atau melakukan pengukuran no intervation pada Prosen belajar mengajar (PBM) oleh guru kelas di dalam kelas integrasi untuk melihat keadaan/perilaku awal; (2) Fase Intervention “B, eksperimen atau pemberian perlakuan hanya terhadap subjek penelitian untuk melihat perubahan yang terjadi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis visual dan diskriptif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rusilowati, A. S. A. (2017). Dampak Strategi Problem Posing terhadap Critical Literacy Siswa SLB. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 22–29. https://doi.org/10.21580/phen.2017.7.1.1491
Section
Articles

References

Bennet, S. 2009. Including Students with Exceptionalities. ISSN 1913 1100 What Works? Research Into Practice at www.edu.gov.on.ca/eng/literacynumeracy /inspire/research/whatWorks.html (diakses tanggal 25 Juli 2016).

Bishop, E. 2014. Critical Literacy Bringing Theory to Praxis. Journal of Curriculum Theorizing Vol. 30 No.1. (diakses tanggal 25 Juli 20116)

Darvin, J. 2007. Teaching Critical Literacy Principles to Math and Science Educators.Teaching Education, 18:3, 245-256.http://dx.doi.org/10.1080 /10476210701535055 (diakses tanggal 16 Agustus 2016).

Delphie, B. 2009. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Yogyakarta: Intan Sejati Klaten.

DeVoogd, G. L. dan McLaughlin, M. 2004. Theory and Practice Critical Literacy: Enhancing Students’ Comprehension of Text. New York: Scholastic Inc. (diakses tanggal 25 Juli 2016)

Knight, B. A. 2009. Teaching Critical Literacy Skills to Students with Learning Disabilities. Australian Journal of Learning Disabilities Volume 3, Issue 4. (diakses tanggal 25 Juli 2016).

Miller, B. Single Subject Research Design (SSRD). SSRD Workshop, UBC School of Rehab Sciences, VCHA OT Research Scientist. http://www.vchri.ca/i/pdf/SingleSubjectResearch.pdf (diakses tanggal 2 September 2016)

Mudjito, Harizal, dan Elfindri. 2013. Pendidikan Inklusif. Jakarta: Baduose Media.

Smith, J. D. 2013. Sekolah Inklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaraan. Diterjemahkan dari J. David Smith, Inclusion, School for All Student (Wardsworth Publishing Company, 1998). Bandung: Nuansa Cendekia.

Somantri, Gumilar Rusliwa. 2005. Memahami Metode Kualitatif. Makara, Sosial Humaniora, Vol. 9, No. 2. http://hubsasia.ui.ac.id/index.php/hubsasia/article/viewFile/122/110(diakses tanggal 25 Juli 2016).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunanto, J., Takeuchi, K., dan Nakata, H. 2005. Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal. Center of Research on International Cooperation in Educational Development(CRICED) University of Tsukuba (diakses tanggal 10 September 2016).

The State of Queensland. 2015. Physical Disability. https://www.qld.gov.au/disability/community/physical-disability/ (diakses tanggal 23 September 2016).

Wallowitz, L., de Freitas, M. E., Hogan, T. dan Linne, R. 2011. Critical Literacy in Math and Science. Proceedings of epiSTEME 4 (diakses tanggal 25 Juli 2016).

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.