Pengembangan E-LKPD Materi Momentum dan Impuls Berbasis Android untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa

Main Article Content

Sisri Novriani
Lukman Hakim
Lefudin Lefudin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk e-LKPD pada materi momentum dan impuls untuk peserta didik Kelas X yang valid, praktis, dan mampu meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, dan evaluation. Hasil penelitian ini diperoleh e-LKPD yang dikembangkan: a) kevalidan dengan kriteria valid berdasarkan penilaian ahli dengan skor rata-rata 80% dari aspek materi; 82,5% dari aspek desain, dan 85,71% dari aspek bahasa. b) kepraktisan dengan kriteria praktis berdasarkan angket respon oleh peserta didik dan guru dengan skor rata-rata 83,33% pada tahap uji perorangan; 86,88% pada tahap kelompok kecil; dan 82,5% penilaian oleh guru. c) keefektifan dengan kriteria tinggi berdasarkan hasil N-gain sebesar 0,73.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Novriani, S., Hakim, L., & Lefudin, L. (2021). Pengembangan E-LKPD Materi Momentum dan Impuls Berbasis Android untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 11(1), 29–44. https://doi.org/10.21580/phen.2021.11.1.7136
Section
Articles

References

Adnan, H., & Hartati. (2019). Uji Validitas Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Discovery Learning untuk Siswa SMAN pada Konsep Sistem Pencernaan Validity Test Development of Student Learning Worksheet ( LKPD ) Based on Discovery Learning for High School Students. Prosiding Seminar Nasional Biologi VI, 6, 299–305.

Agustine, D., Wiyono, K., & Muslim, M. (2014). Pengembangan e-learning berbantuan virtual laboratory untuk mata kuliah praktikum fisika dasar ii di program studi pendidikan fisika fkip unsri. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 33–43. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jipf.v1i1.1218

Anori, S., & Putra, A. (2013). Pengaruh Penggunaan Buku Ajar Elektronik Dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sman 1 Lubuk Alung. Pillar of Physics Education, 1(April), 104–111. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/498171074

Arsini. (2016). Pengembangan Portal “Channel Pembelajaran Sains” Sebagai Video Pembelajaran Online Melalui Model Addie (Analysis, Design, Development,Implementation and Evaluation ). Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 6(1), 1. https://doi.org/10.21580/phen.2016.6.1.940

Asmawati, E. Y. (2015). Lembar Kerja Siswa (Lks) Menggunakan Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1). https://doi.org/10.24127/jpf.v3i1.13

Chaidar, H. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 184–192. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.22219/jkpp.v2i2.1917

Fitri, H., Maison, & Kurniawan, D. A. (2019). Pengembangan E-Modul Menggunakan 3D Pageflip Professional Pada Materi Momentum dan Impuls SMA/MA Kelas XI. Edufisika : Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 46–58. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edufisika.v4i01.4029

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644

Hake, R. (1999). Analyzing Change/Gain Score. Dept of Physic, Indiana University, 1. https://doi.org/10.24036/ekj.v1.i1.a10

Hoiroh, A. M. M. (2020). Pengembangan media booklet elektronik materi jamur untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas X SMA. BIOEDU Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(1), 292–301. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu

Humairoh, F., & Wasis, W. (2015). Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Salingtemas (Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat) pada Materi Fluida Dinamis untuk Meningkatkan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 04(02), 69–75.

Julyal, I., Gusmaweti, & Azrita. (2010). Pengembangan Modul Pembelajaran Bernuansa Dialog Bergambar pada Materi Sistem Hormon di SMA N 1 Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo Jambi. Ejurnal Bung Hatta, 3–4. http://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php?journal=JFKIP&page=article&op=view&path%5B%5D=3777

Novia, R., Hufri, & Dwiridal, L. (2017). Pengembangan Lkpd Berorientasi Inkuiri Terbimbing Pada Materi Momentum, Impuls, Dan Tumbukan Untuk Siswa Sma/Ma Kelas X. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 10(1), 97–104.

Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 84–97. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3975

Putri, A. N., Serevina, V., & Budi, A. S. (2019). Lembar Kerja Elektronik Peserta Didik Dilengkapi Simulasi Phet Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Pada Siswa Sma. VIII, SNF2019-PE-135–142. https://doi.org/10.21009/03.snf2019.01.pe.17

Rahmadani, N., Aswirna, P., & Ramadhan, S. (2019). Penerapan Model Trait Treatment Interaction Berbantuan Aplikasi Ispring. Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 5(2), 861–875. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1089

Saputro, E. B., Sopyan, A., & Subali, B. (2016). Kontribusi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Membantu Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembiasan Cahaya Pada Siswa Kelas X Sma. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 3(2), 103. https://doi.org/10.21580/phen.2013.3.2.140

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.