PERAN OPINION LEADER DALAM SISTEM DAKWAH (Analisis Difusi Jaringan Komunikasi)

Hasyim Hasanah*  -  Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

This paper aims to explain the role of opinion leader in dakwah activities through the analysis of communication network diffusion. This paper uses a descriptive qualitative method, with a network analysis approach. The results showed that opinion leaders playan important role in accelerating and slowing the process of diffusion of dakwah information. The higher the ability of people to influence others, the higher the effort also in influencing behavior changes that  occur in  that  person.  This is because  the  opinion  leader has the characteristic of making himself a media through innovation into society as a social system. An opinion leader also becomes a reference for media behavior (media behavior). That is, when the opinion leader is a Dai, he is a information disseminator of dakwah information that makes himself as one of the media forming behavior to change the order of values, attitudes, and behavior of people in a systematic and structured. Double role of a Dai to achieve social system changes and realize the life of the people who Sallam, hasanah, and thayyibah, and getting of Ridho Allah SWT.

---------------------------------------------------------------------------------------

Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan peran opinion leader dalam dakwah Islam melalui analisis difusi jaringan komunikasi. Tulisan ini menggunaakan metode kualitatif  deskriptif  dengan  pendekatan analisis jaringan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pemimpin opini memegang peranan penting dalam mempercepat maupun memperlambat proses difusi informasi dakwah. Semakin tinggi kemampuan orang mempengaruhi orang lain, maka akan semakin tinggi pula usahanya dalam memengaruhi perubahan perilaku yang terjadi pada orang tersebut. Hal ini dikarenakan opinion leader memiliki karakteristik menjadikan dirinya sebagai media lewatnya  inovasi  ke dalam masyarakat sebagai  sebuah  sistem  sosial.  seorang opinion leader juga menjadi rujukan bagi perilaku media (media behavior). Artinya, ketika opinion leader adalah  seorang  dai,  maka  ia merupakan penyebar informasi  dakwah yang menjadikan dirinya sebagai salah satu media pembentuk perilaku untuk mengubah tatanan nilai, sikap, dan perilaku umat secara sistematis dan terstruktur.  Peran ganda seorang dai guna mencapai perubahan sistem sosial dan mewujudkan kehidupan umat yang salam, hasanah dan thayyibah serta memperoleh ridha Allah SWT.


Keywords: Opinion Leader, Communication Network Analysis, Dakwah

  1. Berlo, David K., The Process of Communication An Intriduction to Theory and Practice, New York: Holt, Rinehart and Winston Inc, 1960.
  2. Devito, Joseph A., Komunikasi Antar Manusia. Kuliah Dasar, Edisi Kelima, (Judul Asli : Human Communication), Jakarta: Professional Books, 1998.
  3. Fuadi, Maimun A. dan Gani, M.Ag, Ilmu Dakwah Dalam Perspektif Filsafat Ilmu (Suatu Telaah Pada Aspek Ontologi dan Epistemologi), Jurnal al Bayan, No.3, 2001.
  4. Gonzales, Hernando, Beberapa Mitos Komunikasi dan Pembangunan. Dalam Jahi, A. (Penyunting), Komunikasi Massa dan Pembangunan Pedesaan di Negara-negara Dunia Ketiga. Suatu Pengantar, Jakarta: PT Gramedia, 1993.
  5. Gonzales, Hernando, Kepemimpinan Kontak Tani Dalam Proses Difusi Inovasi Laporan Penelitian, Mataram: Fakultas Pertanian Universitas Mataram, 1996.
  6. Gonzales, Hernando, Siti Hilyana, Farida Puspa, Alur Komunikasi dan Keputusan Inovasi Teknologi Pengendalian Hama Terpadu di Kabupaten Lombok Timur, Jurnal GROTEKSOS Volume 7, Nomor 3, Mataram, 1997.
  7. Habib, M. Syafa‘at, Buku Pedoman Dakwah, Jakarta: Widjaya, 1982.
  8. Hanan, Abdul, dkk, Faktor Yang Berhubungan Dengan Diakuinya Seseorang Sebagai Pemimpin Opini Dan Manfaatnya Untuk Kegiatan Penyuluhan, Jurnal Penyuluhan, Vol. I, No. I, Bandung, 2005.
  9. Hasanah, Hasyim, Microguiding dan Jaringan Komunikasi LDK (Sebuah Strategi Pemberdayaan Potensi Keberagamaan Warga Perumahan), Laporan Kaya Pengabdian Dosen, LP2M UIN Walisongo, 2015.
  10. Hare, A.P., Handbook of Small Group Research, New York: The Free Press, 1962.
  11. Knoke, David and James Kulkinskni, Network Analysis. London: Sage Publication, 1982.
  12. Kusmawan, Aep, Dimensi-dimensi Dakwah Islam, Bandung: Widya Padjajaran, 2009.
  13. McQuail, Dennis dan Steven Windahl, Communication Model for Study of Mass Communication, London and New York: Longham, 1993.
  14. Muhadjir, Kepemimpinan Adopsi Inovasi Untuk Pembangunan Masyarakat, Rake Press Yogyakarta, 1987.
  15. Nuruddin, Sistem Komunikasi Indonesia, Jakarta: Rajawali Press, 2004.
  16. Rachmadi, F., Sistem Komunikasi: Anaslisis Deskriptif Sistem Pers di Berbagai Negara, Jakarta: PT. Gramedia, 1999.
  17. Rakhmad, Jalaluddin, Psikologi Komunikasi, Bandung: Rosda, 2001.
  18. Rakhmad, Jalaluddin, Metodologi Penelitian Komunikasi, Bandung: Rosda, 2005.
  19. Rogers, Everett M. and Lawrence D. Kincaid, Communication Network Toward a New Paradigm for Research, New York: The Free Press, 1981.
  20. Rogers, Everett M. and Floyd F. Shoemaker, Communication of Innovation, Second Edition, New York: The Free Press, 1971.
  21. Saputra, Wahidin, Pengantar Ilmu Dakwah, Jakarta: Rajawali Press, 2011.

Open Access Copyright (c) 2017 Islamic Communication Journal
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Islamic Communication Journal
Published by the Department of Islamic Communication and Broadcasting
Faculty of Da'wa and Communication UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 858-6727-8693 (Admin ICJ)
Website: https://fakdakom.walisongo.ac.id/

ISSN: 2541-5182 (Print)
ISSN: 2615-3580 (Online)


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 
apps