Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Materi Bangun Ruang Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Sabella Indah Sari*  -  Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia
Wulan Sutriyani  -  Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia

(*) Corresponding Author

Supp. File(s): Research Instrument

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika serta kurangnya variasi model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran think-pair-share terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Saripan pada materi bangun ruang. Penelitian ini menggunakan one-group pretest-posttest design dengan kuesioner dan tes sebagai instrumennya. Teknik analisis data meliputi analisis data instrumen, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil uji-t pada data motivasi diperoleh nilai signifikan 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji t terhadap data hasil belajar diperoleh nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya nilai Rsquare menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran think-pair-share berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa sebesar 82,5% dan berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 88,1%. Dengan demikian, hasil penelitian ini merekomendasikan penggunaan model pembelajaran think-pair-share pada materi geometri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Sekolah Dasar.

Abstract

This research is motivated by the low motivation and learning outcomes of students in mathematics and the need for more variety in learning models applied by teachers. This research aims to conduct an in-depth analysis of the impact of the think-pair-share learning method on the motivation and learning achievements of fifth-grade students at Saripan Elementary School about geometric concepts. A one-group pretest-posttest design was utilized to achieve this objective, and research tools such as questionnaires and tests were employed. The collected data were meticulously analyzed using instrument data analysis, prerequisite testing, and hypothesis testing techniques. The t-test results suggest that the use of the think-pair-share learning approach significantly impacts student motivation and learning outcomes. Moreover, the R-square value of 82.5% for student motivation and 88.1% for effective learning outcomes signify that the Think Pair Share method is highly recommended for teaching geometric material in elementary schools as it can significantly enhance student motivation and learning outcomes.

Supplement Files

Keywords: Think-Pair-Share, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran di Sekolah Dasar, Think-Pair-Share, Learning Motivation, Learning Outcomes, Learning in Elementary Schools

  1. Arina, D., Mujiwati, E. S., & Kurnia, I. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Volume Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 168–175.
  2. Asrawati, N. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dengan Model Siklus Belajar 7E Terhadap Hasil Belajar Matematika. ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 24–32. https://doi.org/10.47650/elips.v2i1.189
  3. Chaerunnisa, L. Y. (2022). Studi Kasus Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Gender di Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Integrated Elementary Education, 2(1), 18–28. https://doi.org/10.21580/jieed.v2i1.10854
  4. Dhari, P. W., Wajnah, W., & Susanti, N. (2021). Analisis Kesiapan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Integrated Elementary Education, 1(2), 75–88.
  5. Erdawati, S., & Sartika, T. (2022). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Integrated Elementary Education, 2(2), 105–116.
  6. Faradita, M. N. (2021). Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Course Review Horay. CV Jakad Media Publishing.
  7. Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2), 321–334.
  8. Hafizhah, N., Isnani, & Suwandono. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran TPS terhadap Motivasi, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 3(1), 61–67.
  9. Haq, A. (2018). Motivasi Belajar Dalam Meraih Prestasi. Jurnal Pendidikan Islam Victratina, 3(1), 193–214.
  10. Hussamah. (2018). Belajar dan Pembelajaran. UMM Press.
  11. Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika (Maret 2018). PT Bumi Aksara.
  12. Jamiah, R., & Surya, E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Metode Math Magic Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok di Kelas V SD Negeri 200211 Padang Sidimpuan. Axiom, 5(2), 244–255.
  13. Kasimuddin. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA 2 SMAN 9 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 4(1), 88–105.
  14. Khasanah, F., Utami, R. D., & Hartati, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Percaya Diri Siswa. Journal of Integrated Elementary Education, 1(2), 98–107.
  15. Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika (Januari 20). CV Budi Utama.
  16. Melinda, I., & Susanto, R. (2018). Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa. International Journal of Elementary Education, 2(2), 81–86.
  17. Mu’adz, M. (2016). Pengembangan Media Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Sederhana Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash Di Kelas IV Sekolah Dasar. UMP.
  18. Mulyadi, & Amalia, Y. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Autograph Materi Bangun Ruang Sisi Datar (BRSD) pada Siswa Kelas VIII MTs Swasta Kuala Kecamatan Kuala. Genta Mulia, 10(1), 94–105.
  19. Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., Lestariningsih, N. D., Maslacha, H., Dedi Ardiyanto, Hutama, H. A., Boru, M. J., Fachrozi, I., Rodriquez, E. I. S., Prasetyo, T. B., & Syaiful Romadhana. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Olahraga. Universitas Negeri Malang.
  20. Ningsih, Y. M., Sucipto, L., & Fitriyah, A. T. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa MTs. Journal of Math Tadris, 1(1), 26–39. https://doi.org/10.55099/jurmat.v1i1.5
  21. Nisaa, F. K., & Adriyani, Z. (2021). Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Siklus Air. Journal of Integrated Elementary Education, 1(2), 89–97.
  22. Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. CV Budi Utama.
  23. Ponidi, Dewi, N. A. K., Trisnawati, Puspita, D., Nagara, E. S., Kristin, M., Puastuti, D., Andewi, W., Anggraeni, L., & Utami, B. H. S. (2021). Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. CV Adanu Abimata.
  24. Purwanti, K. L., & Mujiasih, M. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Ditinjau Dari Self-Efficacy. Journal of Integrated Elementary Education, 1(1), 59–74.
  25. Ramdiah, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran TPS Terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Putra Kelas XI SMAN di Banjarmasin. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 368–371.
  26. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D). Alfabeta.
  27. Tela, Yulian, V. N., & Budianingsih, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Biormatika, 5(1), 114–123.
  28. Thobroni, M. (2016). Belajar & Pembelajaran : Teori dan Praktik. Ar-Ruzz Media.
  29. Uno, H. B. (2021). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.
  30. Vinorita, D., & Muhsin. (2018). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Komunikasi Guru, Pemberian Reward, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 553–567.
  31. Wati, E. E., & Purwanti, K. L. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Perkalian Melalui Penggunaan Media Tutup Botol Pada Siswa Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Integrated Elementary Education, 2(1), 29–42.
  32. Yustitia, V., Rusminati, S. H., & Sulistyawati, I. (2018). Implementasi Lesson Study Menggunakan Model Think Pair Share dan Pendekatan Saintifik. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 88–97. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2621

Open Access Copyright (c) 2023 Sabella Indah Sari dan Wulan Sutriyani
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons

All contents published in the Journal of Integrated Elementary Education are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps