Analysis Study of Parental Choice of Education in The Millenial Era

Ahmad Fauzi, Rosyadi BR, Hasan Baharun

Abstract


This article discusses parents' choices about the model of Islamic education in the millennial era. This study uses the library method. The results showed that parents had several criteria in determining the choice of educational models in the millennial era, namely a). schools that provide a lot of religious material b). combining religion and science, c). giving reinforcement to monotheism, d). madrasas that have vision, mission with good management. E). madrasas that have the same status as public schools.

 

Abstrak

Artikel ini membahas pilihan orang tua tentang model pendidikan Islam di era milenial. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orangtua memiliki beberapa kriteria dalam menentukan pilihan model pendidikan di era millennial yaitu a). sekolah yang banyak memberikan materi agama b). mengkombinasikan agama dan sains, c). memberikan penguatan pada tauhid, d). madrasah yang memiliki visi, misi dengan pengelolaan manajemen yang baik. E). madrasah yang memiliki status yang sama dengan sekolah umum

 



Keywords


Millenial era; Madrasah; Parent's Choice; Islamic Education;Era Millenial; Madrasah; Pilihan Orangtua; Pendidikan Islam;

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Amin, dalam Religiusitas Iptek, Fak.Tarbiyah Suka dan Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1998.

Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, Jakarta: Logos, 2000.

Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, Jakarta, Logos, 1999.

Baharun,Hasan, “Manajemen Kinerja Dalam Meningkatkan Competitive Advantage Pada Lembaga Pendidikan Islam,” At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah 5, no. 2 (2016): 243–62.

Ballantine, Jeanne H. Sociology of education, a systematic analysis, Wright State University, Prentice Hall Englewood Cliffs.

Dhofier, Zamakhsari, Tradisi Pesantren Studi Tentang Pandangan Hidup Kiai,(Jakarta: LP3ES, 1994.

Fadjar, Malik, Madrasah dan Tantangan Modernitas, Bandung: Mizan, 1998.

Fadjar, Malik, Tantangan dan peran umat Islam dalam menyonsong abad XXI, Surabaya, Makalah IAIN Sunan Ampel, 1995.

Fauzi,Ahmad, “Organizational Culture of Islamic Public Education Management a Discurtive,” dalam International Conference On Islamic Education (ICIED) Innovations, Approaches, Challenges, And The Future (Malang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2017), 130–36.

Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan, Jakarta: Grafindo Persada, 1996), h. 70

Hendricks, Gay dan Kate Ludeman, The Corporate Mystic: Guidebook for Visionarities with Their Feet on the Ground. New York: Bantam Books. 1996.

Jawa Post, 23 Juni 1994.

Maksum, Madrasah ; Sejarah dan Perkembangannya, Jakarta; logos, 1999.

Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: INIS, 1994.

Mastuhu, Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam, Ciputat, Jakarta: Logis, 1999), h. 45

Muhaimin, Eksistensi Madrasah sebagai sekolah Umum yang berciri khas Islam, Tarbiyah, IAIN Malang, no. 45 tahun xiv Januari-Maret, 1997.

Muhaimin, Eksistensi Madrasah Sebagai Sekolah Umum yang Berciri Khas Islam, Tarbiyah, IAIN Malang, no. 45 tahun xiv Januari-Maret, 1997.

Preedy, Margaret, Managing the effective School, London: Paul Chapmant Publising, Liverpool, 1993.

Saleh, Abdur Rahman, Educational Theory a Qur’anic outlook, Makkah Mukarromah; Umm al-Qura’ University, 1984.

Simanjuntak, Perkembangan pendidikan di Indonesia, Jakarta; Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1972

Steenbrink, Pesantren, Madrasah, Sekolah, Jakarta: LP3ES, Cet-2, 1984.

Syalabi, Ahmad, History of Muslim Education, Beirut: Dar Alkasysyaf, 1987.

Syalabi, Ahmad, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1997.

Syam, Noor, Filsafat Pendidikan dan Dasar Pendidikan Pancasila, (Surabaya; Usaha Nasional, 1986.

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung, Remaja Roesdakarya, Cet-2, 1994.

Tilaar, H.A.R, Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional, Magelang; Indonesia Tera, 1999.

Tilaar, H.A.R, Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Tobroni, Perilaku Kepemimpinan Spiritual dalam Pengembangan Organisasi pendidikan dan Pembelajaran; Kasus Lima Pemimpin Kota Ngalam , Jogyakarta, Disertasi tidak diterbitkan, PPs UIN Sunan Kalijaga, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/nw.2018.12.2.2904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Nadwa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

View My Stats