Analisis Efektifitas Penyelenggaraan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19

Melia Astuti*  -  Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Abstrak Bahasa Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pelaksanaan pembelajaran daring terhadap pengajar dan kualitas pembelajaran. Metode penelitian ini adalah survei dengan instrument angket likert. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat keefektifan pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19 adalah 39,6%, artinya berada pada ketegori rendah. Beberapa kendala yang ditemukan dalam pelaksanaan pembelajaran daring di masa pendemi Covid-19 adalah: pengajar kesulitan membangun komunikasi dua arah dengan siswa, terjadi miss komunikasi baik antara siswa dengan pengajar, maupun wali siswa dengan pengajar, perangkat pendukung pembelajaran daring kurang memadai, koneksi internet kurang baik, dan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran menurun.

Abstract in english

This study aims to determine the impact of the implementation of online learning on teachers and the quality of learning. This research method is a survey with a Likert questionnaire instrument. The results of this study indicate that the level of effectiveness of online learning during the Covid-19 pandemic was 39.6%, which is in the low category. Some of the obstacles found in the implementation of online learning during the Covid-19 epidemic were: teachers had difficulty building two-way communication with students, there was a miss of communication between students and teachers, as well as student guardians and teachers, inadequate online learning support devices, insufficient internet connection good, and students' motivation to participate in learning decreased.

Keywords: efektifitas pembelajaran daring, dampak pembelajaran daring, sekolah dasar, Covid-19, effectiveness of online learning, impact of online learning, elementary schools

  1. Alsa, Asmadi. (2004). Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif serta Kombinasinya dalam penelitian Psikologi. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Andri, AnugrahanaAndri. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan,10(3),283.
  3. Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 74-84.
  4. Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.
  5. Hamdani, Acep Roni, & Priatna, Asep. (2020) . Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. 6(1). 6-9.
  6. Hamdarini, Oktafia Ika . (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). 8(3) . 7.
  7. Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.
  8. Isnayni, Mila Yatimatul, & Hermansyah wildan. (2020). Pengaruh Pembelajaran Sistem Daring Terhadap Mahasiswa Tadris Biologi Dalam Memahami Materi Mata Kuliah Biokimia. Alveoli: Jurnal Pendidikan Biologi. 1(1).5.
  9. Mansyur, Abd. Rahim. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal. 1(2). 7.
  10. Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).
  11. Shadiqien, Shen. (2020). Efektivitas Komunikasi Virtual Pembelajaran Daring Dalam Masa Psbb (Studi Kasus Pembelajaran Jarak Jauh Produktif Siswa Smk Negeri 2 Banjarmasin). Mutakallimin; Jurnal Ilmu Komunikasi. 3(1).4.
  12. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  13. Suhery, Putra, Trimardi Jaya, & Jasmalinda. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dan Google Classroom Pada Guru Di Sdn 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Penelitian. 1(3). 2.
  14. Syofian, Suzuki, Setiyaningsih, Timor, & Syamsiah, Nur. (2015). Otomatisasi metode penelitian skala likert berbasis Web. Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2015 Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta . 3.
  15. Wiyanto. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. 6(2). 3.

Open Access Copyright (c) 2021 Melia Astuti
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Lisensi Creative Commons

All contents published in the Journal of Integrated Elementary Education are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps