Pengembangan Instrumen Pengukuran Kompleksitas Soal Kontekstual Matematika

Main Article Content

Chatarina Citra Susilowati
Veronica Yeshinta Komalasari

Abstract

Kompleksitas soal-soal kontekstual matematika yang ada di Indonesia sampai saat ini belum

ada instrumen pengukurannya. Soal-soal kontekstual perlu dilakukan pengukuran supaya tepat

dalam penggunaannya, seperti ketercapaian kompetensi dan memperkirakan waktu untuk

mengerjakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen pengukuran

kompleksitas soal kontekstual matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian

perancangan dan pengembangan. Subjek penelitian adalah beberapa mahasiswa calon guru

matematika semester tujuh dan tujuh siswa kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah

berhasil dirancang dan disusun instrumen pengukuran kompleksitas masalah kontekstual

matematika. Instrumen telah divalidasi oleh pakar untuk memperoleh umpan balik dalam

penyempurnaannya. Ujicoba diawali dengan meminta beberapa mahasiswa calon guru

matematika semester tujuh mengisi instrumen pengukuran kompleksitas soal kontekstual

matematika, kemudian meminta ketujuh siswa kelas X mengerjakan soal yang diberikan. Dari

hasil ujicoba penggunaan instrumen terhadap subjek penelitian diperoleh hasil bahwa instrumen

dapat digunakan dengan baik dan dapat memberikan pengukuran yang baik akan kemampuan

pemodelan matematis mahasiswa pendidikan matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Susilowati, C. C., & Komalasari, V. Y. (2018). Pengembangan Instrumen Pengukuran Kompleksitas Soal Kontekstual Matematika. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 7(2), 99–109. https://doi.org/10.21580/phen.2017.7.2.1120
Section
Articles

References

Lakadewi, Alfina Novita. (2014). Profil Kemampuan Siswa SMA Pangudi Luhur Van Lith Kelas

X dalam Menyelesaikan Soal-soal Timss Grade 8 Tipe Penalaran. Skripsi. Universitas

Sanata Dharma Yogyakarta.

Noordyah. (2011). Langkah-langkah Penelitian dan Pengembangan. (Artikel Online) Didapat

dari https://noordyah.wordpress.com/tugas-kuliah/langkah- langkah-penelitian- dan-

pengembangan/ (Diakses tanggal 27 Oktober 2016).

Setiawan, Harianto dkk. (2014). Soal Matematika dalam pisa Kaitannya dengan Literasi

Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional

Matematika, Universitas Jember, 19 November 2014. (Online) Didapat dari

http://jurnal.unej.ac.id/index.php/psmp/article/viewFile/955/758 (Diakses pada 6 Oktober

Stillman, Gloria dan Peter Galbraith. (2003). Towards Constructing a Measure of the Complexity

of Application Tasks. Mathematical Modeling: A Way of Life, no. 16: pp. 179-188.

Horwood Publishing Chichster.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.