Analisis Learning Obstacle Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP IT Nurul Islam Tengaran

Main Article Content

Sindi Nur Aini
Stefanus Budi Waluya
Ardhi Prabowo
Zaenuri Zaenuri
Walid Walid
Mayasari Dian Pratiwi

Abstract

Matematika merupakan salah satu bidang ilmu yang memiliki peran penting dalam kehidupan. Namun, pada kenyataannya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan belajar dalam pembelajaran matematika kelas VIII SMP IT Nurul Islam Tengaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling . Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan belajar atau hambatan belajar yang dialami siswa di kelas VIII SMP IT Nurul Islam Tengaran yaitu pada kondisi kesiapan mental belajar siswa seperti konsentrasi, ketidaknyamanan, rasa bosan, lelah dan ngantuk yang termasuk hambatan ontogenik . Pada tantangan Didaktis terletak pada metode, strategi dan bahan ajar guru yang kurang menarik bagi siswa. Pada tantangan epistimologis terletak pada ketidakpahaman siswa mengenai konsep – konsep yang sudah diajarkan namun tidak mampu menjelaskan dan menerapkan ulang sehingga konsep materi yang baru sulit untuk dipahami.

penting dalam kehidupan. Namun, pada kenyataannya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan belajar dalam pembelajaran matematika kelas VIII SMP IT Nurul Islam Tengaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling . Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan belajar atau hambatan belajar yang dialami siswa di kelas VIII SMP IT Nurul Islam Tengaran yaitu pada kondisi kesiapan mental belajar siswa seperti konsentrasi, ketidaknyamanan, rasa bosan, lelah dan ngantuk yang termasuk hambatan ontogenik . Pada tantangan Didaktis terletak pada metode, strategi dan bahan ajar guru yang kurang menarik bagi siswa. Pada tantangan epistimologis terletak pada ketidakpahaman siswa mengenai konsep – konsep yang sudah diajarkan namun tidak mampu menjelaskan dan menerapkan ulang sehingga konsep materi yang baru sulit untuk dipahami.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Aini, S. N., Waluya, S. B., Prabowo, A., Zaenuri, Z., Walid, W., & Pratiwi, M. D. (2024). Analisis Learning Obstacle Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP IT Nurul Islam Tengaran. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 283–295. https://doi.org/10.21580/phen.2023.13.2.20914
Section
Articles

References

Astuti, R. (2017). Analysis of Learning Obstacles Students in studying Combinatorial material. JOURNAL OF E- DuMath.

Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824

Brousseau, G. (2002). Theory of Didactical Situations in Mathematics: An Epistemological Revolution. In Advances in the Anthropological Theory of the Didactic. https://doi.org/10.1007/978-3-030-76791-4_4

Cahirati, P. E. P., Makur, A. P., & Fedi, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika yang Menggunakan Pendekatan PMRI. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 227–238. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.576

Devi, A. K., Sumargiyani, S., Robiah, N., Peni, N., & Gamal, S. (2023). Development of electronic student worksheets using a Liveworksheet on Pythagorean theorem material class VIII junior high school. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(3), 415–425. https://doi.org/10.30738/union.v11i3.15843

Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 18–30. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766

Hutagalung, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Budaya Toba Di Smp Negeri 1Tukka. Journal of Mathematics Education and Science), ISSN(2), 70.

Jannah, F. L., Aminah, N., Pramuditya, S. A., Rosita, C. D., & Noto, M. S. (2023). Analysis of Learning Obstacles for Junior High School Students in Understanding SPLDV Concepts. 6(02), 140–158. https://doi.org/10.30762/f

Lisa Astriani, Abdul Mujib, & Firmansyah. (2022). Didactic Design for Overcoming Learning Obstacles in Mathematics of Junior High School Students. International Journal of Educational Research Excellence (IJERE), 1(1), 58–62. https://doi.org/10.55299/ijere.v1i1.97

Maharani, R. D., Dasari, D., & Nurlaelah, E. (2022). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa Smp Pada Materi Peluang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3201. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6214

Muawanah, S. (2019). Analysis of Algebra Learning Difficulties in Class VII Students of SMP Muhammadiyah 4 Kebomas. In. Universitas Muhammadiyah Gresik.

Nurlaily, V. A., Soegiyanto, H., & Usodo, B. (2019). Elementary school teacher’s obstacles in the implementation of problem-based learning model in mathematics learning. Journal on Mathematics Education, 10(2), 229–238. https://doi.org/10.22342/jme.10.2.5386.229-238

Prabowo, A., Suryadi, D., Dasari, D., Juandi, D., & Junaedi, I. (2022). Learning Obstacles in the Making of Lesson Plans by Prospective Mathematics Teacher Students. Education Research International, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/2896860

Puspita, E., Suryadi, D., & Rosjanuardi, R. (2023). Learning Obstacles of Prospective Mathematics Teachers: A Case Study on the Topic of Implicit Derivatives. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 14(1), 174–189.

Rahmadhani, E., & Hilliyani. (2023). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tipe HOTS (Meta Analisis). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1709–1724. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.16923

Syar, M. N., Husniati, A., & Kristiawati. (2024). EFEKTIVTAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD LIVEWORKSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV UPT SPF SD INPRES BAROMBONG 3. Compass: Journal of Education and Counselling, 1, 303–312.

Ulfa, N., Jupri, A., & Turmudi, T. (2021). Analisis Hambatan Belajar Pada Materi Pecahan. Research and Development Journal of Education, 7(2), 226. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.8509

Yusuf, Y., Titat, N., & Yuliawati, T. (2017). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa SMP Pada Materi Statistika. Aksioma, 8(1), 76. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1509

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.