PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK SEBAGAI PENDEKATAN BELAJAR MATEMATIKA

siti maslihah*  -  Fakultas Saintek UIN Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author
Matematika sering dianggap sebagai salah satu pela- jaran yang sulit bagi siswa. Salah satu tugas seorang pen- didik adalah bagaimana membuat matematika lebih men- arik bagi siswa. Berdasarkan fakta diatas mendorong Hans Frudenthal mencetuskan Pendidikan Matematika Realistik yang memandang matematika bukan sebagai suatu produk jadi yang diberikan kepada siswa, melainkan sebagai suatu proses yang dikonstruksi siswa. Frudenthal berpendapat bahwa matematika adalah suatu bentuk aktivitas manusia, aktivitas dalam mengkonstruksi konsep matematika.

Keywords: Matematika, Pendidikan Matematika Realistik, konstruksi konsep

  1. Mariana, Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran SD Bidang Studi Matematika berbasis PMRI, Surabaya: PGSD Unesa,
  2. Sumanto, Gemar Matematika 5, Jakarta: PT Karsa mandiri Persa- da, 2008
  3. Wijaya Ariyadi, Pendidikan Matematika Realistik, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012
  4. www.google.RME.co.id

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
apps