KONTRIBUSI VIRTUAL LABORATORY PADA PEMBELAJARAN TITRASI ASAM-BASA DENGAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
Main Article Content
Abstract
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Argandi, R., K.S. Martini, & A.N.C. Saputro. 2013. Pembelajaran Kimia dengan Metode Inquiry Terbimbing Dilengkapi Kegiatan Laboratorium Real dan Virtual Pada Pokok Bahasan Pemisahan Campuran. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(2). ISSN 2337-9995.
Ayvaci, H.S. 2013. Investigating The Effectiveness of Predict-Observe-Explain Strategy on Teaching Photo Electricity Topic. Journal of Baltic Science Education, 12(5). ISSN: 1648-3898.
Bakhtiar, Yusrizal, & I. Khaldun. 2016. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Titrasi Asam-Basa di Kelas XI SMA Negeri 6 Lhokseumawe. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol.04. No. 02. Hlm: 202-215.
Erni, M., M. Napitupulu, & J. Sakung. 2013. Pengaruh Model POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Hasil Belajar Kimia pada Kelas XI Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di SMA Negeri 4 Pasangkayu. Jurnal Akademi Kimia, 2(2): 62-67.
Fabian, K., K.J. Topping, & I.G. Barron. 2016. Mobile Technology and Mathematics: Effects on Student’s Attitudes, Engagement, and Achievement. J. Comput. Educ, 3(1): 77-104.
Harrison, T.G., Shallcross, D.E., Heslop,W.J., Eastman J.R., & Baldwin, A.,J. (2009). Transferring Best Practice From Undergraduate Practical Teaching To Secondary Schools: The Dynamic Laboratory Manual, Acta Didactica Napocensia, 2,1,1-8.
Ikhsan, M. & Afdal. 2016. Kajian Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Kimia Menggunakan Virtual Lab. Jurnal Pendas Mahakam, 1(1): 65-68.
Jaya, H. 2012. Pengembangan Laboratorium Virtual untuk Kegiatan Praktikum dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 81-90.
Matsun., W. Sunarno., & M. Masykuri. 2016. Penggunaan Laboratorium Riil dan Virtuil pada Pembelajaran Fisika dengan Model Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Kemampuan Matematis dan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 137-152. p-ISSN: 2337-5973. e-ISSN: 2442-4838.
Mulyatun. 2013. Laboratorium Kimia Virtual: Alternatif Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Tadris Kimia IAIN Walisongo Semarang. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 7(1), 1031-1043.
Nurrokhmah I.E & W. Sunarto. 2013. Pengaruh Penerapan Virtual Labs Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry in Education, 2(1), 200-207. ISSN: 2252-6609.
Oloruntegbe, K., O. & Alam, G., M. (2010). Evaluation of 3D Environments and Virtual Realities in Science Teaching and Learning: The Need to Go Beyond Perception Referents, Scientific Research and Essays,5(9), 948-954.
Permana, N.A., A. Widyatmoko., & M. Taufiq. 2016. Pengaruh Virtual Laboratory Berbasis Flash AnimationTerhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Tema Optik Kelas VIII SMP. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1354-1365.
Rosa, N.M. & F.P. Nursa’adah. 2017. Kontribusi Laboratorium Kimia dan Sikap Siswa Terhadap Pemanfaatan Laboratorium Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Jurnal Formatif, 7(3), 198-206. ISSN: 2088-351X.
Sreerekha, S., A. Raj. R., & S. Sankar. 2016. Effect of Predict-Observe-Explain Strategy on Achievement in Chemistry of Secondary School Students. International Journal of Education & Teaching Analytics, 1(1), 1-5.
Surbakti, D. Anggraini & Supartono. 2016. Pengembangan Karakter Siswa Pada Pembelajaran Kimia Berbasis Teknologi Informasi Menggunakan Metode Diskusi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(2), 1807 – 1816.
Sutarno., A. Setiawan., A. Suhandi., I. Kaniawati., & D. Hamdani. 2018. Model Higher Order Thinking Virtual Laboratory: Model Praktikum Fisika Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Secara Kreatif. Jurnal Pendidikan Eksakta, 3(5), 189-193. ISSN 2528-3200.
Tatli, Z. & A. Ayas. 2010. Virtual laboratory Applications in Chemistry Education. Procedia Social and Behavioral Sciences, 9:938–942.
Tüysüz, C. 2010. The Effect of the Virtual Lab. on Students’ Achievement and Attitude in Chemistry, International Online Journal of Educational Sciences, 2,1, 37-53.
Yusuf, I. & S.W. Widyaningsih. 2017. Penerapan Laboratorium Virtual pada Mata Kuliah Praktikum Fisika terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Papua. Jurnal Sainsmat, 6(1), 75-81. ISSN 2579-5686 (Online). ISSN 2086-6755 (Cetak).