PENGEMBANGAN MODUL KIMIA DASAR BERBASIS MULTIPEL LEVEL REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA

Main Article Content

Atik Rahmawati

Abstract

Rendahnya kemampuan mahasiswa yang mengikuti kuliah Kimia Dasar dalam merepresentasikan konsep-konsep kimia pada keempat level representasi kimia, serta belum tersedianya bahan ajar yang merepresentasikan konsep-konsep kimia pada keempat level representasi, mendorong peneliti untuk mengembangkan modul Kimia Dasar berbasis multipel level representasi kimia. Tujuan dari penelitian ini  adalah : a. Bagaimana desain dan sistematika modul kimia dasar berbasis multipel level representasi kimia pada materi stoikiometri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa? b. Bagaimana kelayakan modul kimia dasar berbasis multipel level representasi kimia, ditinjau dari validasi ahli?

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Model pengembangan mengikuti model Thiagarajan 4-D yang  memiliki 4 tahap utama yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate.

Hasil penelitian dan pengembangan telah dihasilkan Modul Kimia Dasar berbasis Multipel Level Representasi dengan susunan sebagai berikut : cover, petunjuk penggunaan modul, tujuan pembelajaran, Kegiatan Belajar 1 (meliputi materi konsep massa atom, massa atom relatif rata-rata dan massa molekul relatif rata-rata; persamaan reaksi kimia; konsep mol; persen komposisi senyawa; penentuan rumus empiris dan rumus molekul; pereaksi pembatas; dan persen hasil). Pada Kegiatan Belajar 2 materinya meliputi larutan, konsentrasi larutan, pembuatan kelarutan dengan kemolaran tertentu, pengenceran larutan, stoikiometri larutan (analisis gravimetri, titrasi asam-basa). Setiap materi dilengkapi dengan contoh soal, latihan yuk, dan uji kompetensi. Modul dilengkapi dengan gambar yang dapat menjelaskan konsep kimia skala makroskopis pada level mikroskopis dan simbolis, serta interkoneksi antar ketiga level representasi kimia tersebut sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa.

Penilaian kelayakan (validasi) modul kimia dasar berbasis multipel level representasi kimia oleh ahli menunjukkan bahwa draft modul dalam kategori sangat baik dan baik sehingga tidak perlu dilakukan revisi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rahmawati, A. (2016). PENGEMBANGAN MODUL KIMIA DASAR BERBASIS MULTIPEL LEVEL REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 5(2), 5–18. https://doi.org/10.21580/phen.2015.5.2.76
Section
Articles

References

Davidowitz B. & Chittleborough, G. D. (2009). Linking the Macroscopic and Sub-microscopic Levels : Diagram. In: J. Gilbert & D. Treagust (Eds.). Multiple Representation in Chemical Education: Models and Modeling in Science Education. Dordrecht: Springer. 169-191.

Farida, Ida. 2012. Interkoneksi Multipel Level Representasi Mahasiswa Calon Guru pada Kesetimbangan dalam Larutan melalui Pembelajaran Berbasis Web. Disertasi: Universitas Pendidikan Indonesia

Gilbert, J.K. & Treagust, D.F., 2009, Introduction: Macro, sub-micro and symbolic representations and the relationship between them: Key models in chemical education. In: J. K. Gilbert & D. Treagust (Eds.). Multiple Representations in Chemical Education: Models and Modeling in Science Education. Dordrecht: Springer.1-8

Kozma, R., & Joel Russell. (2005). Modeling Students Becoming Chemists: Developing Representational Competence. In J. Gilbert (Ed.), Visualization in Science Education. Dordrecht: Springer. pp. 121-145

Mayangsari Vanny, dkk., http://jurnal-online.um.ac.id.

Meor Ibrahim bin Kamaruddin & Nurhidayah binti Ismail, Miskonsepsi Pelajar Terhadap Konsep Mol dan Konsep Persamaan Kimia, Jurnal Penelitian. http://typecat.com/MISKONSEPSI-PELAJAR-TERHADAP-KONSEP-MOL-DAN-KONSEP-PERSAMAAN-KIMIA

Rahmawati, Atik. 2011. Miskonsepsi Mahasiswa Tadris Kimia Tingkat Dasar pada Materi Konsep Mol. Makalah disampaikan pada Diskusi Dosen Fakultas Tarbiyah pada tanggal 23 Maret 2011

Sugiyono, S., 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta

Thiagarajan, 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children A sourcebook, Indiana University. Bloomington: Indiana.

Utomo Widi Agung, dkk., 2013, Pengembangan Buku Ajar Materi Partikel berbasis Representasi Kimia, Jurnal Pendidikan Kimia Vol. 1 No. 9

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.