Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Temanggung - Indonesia
Analisis Keterampilan Siswa Madrasah Ibtidaiyah dalam Menulis Puisi Anak Berdasarkan Teori Nurgiantoro
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis desain pembelajaran menulis puisi anak melalui pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jumlah subjek 20. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data penelitian diuji keabsahannnya dengan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa puisi anak yang buat oleh siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Asmaul Husna sudah sesuai dengan unsur intrinsik teori Nurgiantoro.
Abstract
This study aims to analyze the design of learning to write poetry for children through online learning during the Covid-19 pandemic. This study used a qualitative descriptive approach with 20 subjects. The data collection methods were interviews, observation and documentation. The validity of the research data was tested by triangulation of sources. The data analysis technique used consisted of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that the children's poetry made by students of Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Asmaul Husna is in accordance with the intrinsic elements of Nurgiantoro's theory.
Keywords: pembelajaran daring, keterampilan menulis puis, pembelajaran puisi, online learning, poetry writing skills, poetry learning
- Batubara. (2017). ParadigmaPenelitian Kualitatif dan Filsafat Ilmu Pengetahuan dalam Konseling,. Jurnal Fokus Konseling, 3, 67–78.
- Budiastuti, W. dkk (2014). Peningkatan Motivasi Dan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Sekolah Dasar. BASASTRA, 1(3).
- Hidayati, P. N. (2017). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Sesuai Ajaran Islam Siswa Kelas V MI Maarif Dukuh. Elementary, 7.
- Moleong, L. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosdakarya.
- Mulyanto. (2013). Strategi Pembelajaran di Era Kurikulum 2013. Prestasi Pustaka.
- Mursini, M. (2010). Ke Arah Bimbingan Apresiasi Puisi Anak-anak. Jurnal Bahas Unimed, (76), 74528.
- Naelofaria, S., & Siregar, I. (2021, September). Pemanfaatan Puisi Anak sebagai Media dalam Pengajaran BIPA. In Seminar Nasional SAGA# 3 (Sastra, Pedagogik, dan Bahasa) (Vol. 3, No. 1, pp. 232-235).
- Nur, M., Burhanuddin, B., & Mannahali, M. (2021). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Puisi Bahasa Jerman. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(1), 64-70.
- Nurgiyantoro, B. (2016). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Gadjah Mada University Press.
- Rosyidah, R, S., & Ermanto. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Melalui Teknik Tiru Model Siswa Kelas III SD Padangsidimpuan. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajaran, 1, 20–32.
- Sanjaya, V. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Penamedia Group.
- Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitantitatif, kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
- Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
- Wahyuni, S., & Harun, M. (2018). Analisis struktur fisik dan struktur batin puisi anak dalam majalah potret anak cerdas. Master Bahasa, 6(2), 115-125.
- Zainudin. (2015). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bagi Siswa Kelas IV SDN 1 Dongko dengan Metode Praktek. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4 no.9, 35.
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/