Moderation of Islamic Education as an Effort to Prevent Radicalism (Case Study of FKUB Singkawang City, Kalimantan, Indonesia)

Asrip Widodo*  -  MAN KOTA SINGKAWANG KALIMANTAN BARAT MAHASISWA DOKTORAL UIN WALISONGO, Indonesia

(*) Corresponding Author

Radicalism threatens harmony and unity. We need a holistic deradicalization effort by various elements of the nation. One element that has a strategic role is the Forum for Religious Harmony (FKUB). The study was conducted to reveal the role of FKUB Singkawang City in campaigning for moderation of Islamic education for the community as an effort to prevent radicalism, thus delivering this city as the number one most tolerant city in Indonesia. The method used is a qualitative field (Field Research), researchers go directly to the field to obtain data and information from data sources. Data were collected through direct interviews with the Chairperson of FKUB Singkawang City, FKUB documentation, Social Media and direct observation to the research location. The results showed that FKUB was able to realize moderation of Islamic education outside of educational institutions with dialogue and advocating strategic.

Radikalisme mengancam harmoni dan persatuan. Kita membutuhkan upaya deradikalisasi holistik oleh berbagai elemen bangsa. Salah satu elemen yang memiliki peran strategis adalah Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Studi ini dilakukan untuk mengungkap peran FKUB Kota Singkawang dalam mengkampanyekan moderasi pendidikan Islam bagi masyarakat sebagai upaya mencegah radikalisme, sehingga menjadikan kota ini sebagai kota nomor satu yang paling toleran di Indonesia. Metode yang digunakan adalah bidang kualitatif (Field Research), peneliti pergi langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi dari sumber data. Data dikumpulkan melalui wawancara langsung dengan Ketua FKUB Kota Singkawang, dokumentasi FKUB, Media Sosial dan observasi langsung ke lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FKUB mampu mewujudkan moderasi pendidikan Islam di luar lembaga pendidikan dengan dialog dan advokasi strategis.


Keywords: Moderation; Radicalism; Islamic Education; FKUB Singkawang

  1. Alam, Masnur . “PENERAPAN PENDIDIKAN ISLAM ANTI-RADIKALISME DALAM MERAJUT HARMONI: Suatu Tinjauan Di Kota Sungai Penuh Jambi.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2018. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n2i11.
  2. Al-Amidi, al-Ahkam, Juz 3, hal 274, Maktabah Syamilah
  3. Departemen Agama RI, Al-Qur’an Dan Terjemahnya, Edisi Tahun 2002
  4. Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002
  5. Direktorat Urusan Agama Islam Ditjen Bimas Islam dan Penyelenggaraan Haji Departemen Agama RI, Pedoman Pembinaan Ukhuwah Islamiyah,Jakarta, 2004
  6. Al-Farabi. ArāʼAhl al-Madīnah al-Fādila, Beirut: Dar al-Iraq, 2002:112
  7. Fauzi, Ali, Ihsan, dkk, Menggapai Kerukunan Umat Beragama: Buku Saku FKUB, PUSAD Paramadina,2018:8-9, Diunduh tgl 15/01/2020 pukul 12. 55
  8. Isnawan, Fuadi. “Program Deradikalisasi Radikalisme Dan Teorisme Melalui Nilai-Nilai Luhur Pancasila.” Fikri 3, no. 1 (2018): 43. https://doi.org/http://doi.org/10.25217/jf.v3i1.275.
  9. Jalaludin dan Abdullah Idi, Filsafat Pendidikan Manusia, Filsafat dan Pendidikan, AR-RUZZ MEDIA, Jogjakarta, Cet 1.2007
  10. Khaldun, Ibnu, Mukaddimah, Tahqiq Abdullah Muhammad al-Darwisy,Damsyiq, Dar Ya’rib,2004:137
  11. Al-Qardhawi,Yusuf, Fiqih Perbedaan Pendapat cet keempat, terj.Aunur Rafiq Shaleh Tamhid, Robbani Press, Jakarta,1997,
  12. RI, Kementerian Agama. “Moderasi Beragama.” Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Gedung Kementerian Agama RI Jl.MH.Thamrin No 6 Lt.2 Jakarta Pusat, 2019.
  13. Sarman, Mukhtar, Meretas Radikalisme, Menuju Masyarakat Inklusif, LKiS, Yogyakarta,2018:20-22
  14. Sary, Noermala. “Mencegah Penyebaran Paham Radikalisme Pada Sekolah.” Manthiq 2, no. 2 (2017): 191–200.
  15. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan ,(Bandung: Alfabeta, Bandung,2015
  16. Tirmidzi, Imam, Sunan Tirmidzi, Juz 8 hal 39, Maktabah Syamilah
  17. Undang- Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Bandung : Citra Umbara,2003
  18. Ulwan,Nasih, Abdullah, Pendidikan Anak Dalam Islam, Terj Miri, Jamaludin, Drs, Lc, Pustaka Amani Jakarta, 2002
  19. Wawancara dengan Ketua FKUB Kota Singkawang, Baharuddin, SH, tanggal 19 Desember 2019 pukul 09:30
  20. Zahrah, Abu, Ushul Fiqih, terj.Saefullah Ma’shum at.all,Pustaka Firdaus, Jakarta, Cetakan kesepuluh, 2007: 425).
  21. BNPT, Strategi Menghadapi Paham Radikalisme-Teorisme-ISIS, https://belmawa.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/12/Strategi-Menghadapi-Paham-Radikalisme-Terorisme.pdf diakses tanggal 16/01/2020 pukul 14:22
  22. FKUB Kota Singkawang, Dokumen, Sepenggal Kisah Perjalananku di Kota Singkawang https://youtu.be/aeJUaCEOBYQ;, diakses tanggal 19/12/2019 pukul 10:25
  23. FKUB Kota Singkawang, Dokumen, Mata Indonesia 2017-Menggenggam Persatuan, Menjunjung Keberagaman SEG 2, https://youtu.be/cLe8cWsuUR4, diakses tanggal 19/12/2019 pukul 10:26
  24. FKUB Kota Singkawang, Dokumen, Menggali Nilai Cinta dan Toleransi Sebuah Negeri Seg.3, https://youtu.be/6GHR9zER2ho, diakses tanggal 19/12/2019 pukul 10:26
  25. FKUB Kota Singkawang, Dokumen, UGM Lakukan FGD Dengan FKUB Singkawang Untuk Film Dokumenter, https://s.docworkspace.com/d/AHUZw3Gqqd4worfp9tWmFA, diakses tanggal 19/12/2019 pukul 10:30
  26. Syofyan Hadi ,Pergumulan Islam Radikal di Indonesia Pasca Orde Baru, Studi Tentang Pemikiran dan Gerakan, https://www.academia.edu/19759203/PERGUMULAN_ISLAM_RADIKAL_DI_INDONESIA_PASCA_ORDE_BARU_Studi_Tentang_Pemikiran_dan_Gerakan, diakses tanggal 21/01/2020, pukul 09.14
  27. TEMPO.co, Belajar dari Singkawang, Kota Paling Toleran 2018https://nasional.tempo.co/read/1153831/belajar-dari-singkawang-kota-paling-toleran-2018/full&view=ok , diakses tanggal 21/12/2019 pukul 20:21
  28. VOA Indonesia, SETARA Institute: Singkawang, Kota Paling Toleran Se-Indonesia, https://www.voaindonesia.com/a/setara-institute-singkawang-kota-paling-toleran-se-indonesia/4690956.html, diakses tanggal 21/12/2019 pukul 20:21

Open Access Copyright (c) 2020 Nadwa
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 INDEXED BY

Journal Terindex di CrossrefJournal Terindex di LeidenJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di GarudaJournal Terindex di Base

View My Stats
apps