ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL- SOAL LOGIKA

yulia romadiastri

Abstract


Logika adalah salah satu materi dasar untuk maha- siswa matematika yang bersifat abstrak, sehingga tidak sedikit mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam mem- pelajarinya. Banyaknya kesalahan yang dilakukan ma- hasiswa dalam mengerjakan soal bisa menjadi petunjuk sejauh mana tingkat penguasaan materi mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui letak kesalahan mahasiswa dan mengetahui faktor-faktor yang menyebab- kan kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal logika. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode tes, dan metode wawan- cara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan bersifat kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Prodi Tadris Matematika Semester 1 Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang yang diambil satu kelas yaitu kelas TM1A. Hasil yang diperoleh adalah bahwa kesala- han mahasiswa terbagi menjadi tiga kategori yaitu pada kesalahan pemahaman konsep-konsep logika, kesalahan dalam keterampilan menyelesaikan soal dan kesalahan dalam pemecahan masalah. Yang melakukan kesalahan pada pemahaman konsep sebesar 7,5%, kesalahan pada keterampilan menyelesaikan soal sebesar 22,1% dan kes- alahan dalam memecahkan masalah sebesar 17,3%. Ada- pun faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa men- galami kesalahan dalam menyelesaikan soal logika adalah: mahasiswa tidak menguasai konsep-konsep pada materi sebelumnya yang menjadi materi prasyarat, materi yang bersifat abstrak sehingga mahasiswa merasa bosan, dan kurangnya berlatih dalam mengerjakan soal-soal logika.


Keywords


analisis kesalahan, matematika, logika

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Al-Maraghi, Ahmad Musthofa. 1993. Terjemah Tafsir Al-Maraghi 13. Semarang : PT. Karya Toha Putra Semarang. hlm. 29

Suyitno, Amin. 2004. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matema- tika I. Semarang: Unnes.

Windarti, Sri. “Dunia Matematika”, dalam http://sriwindarti. wordpress.com/2009/03/17/mengembangkan-evaluasi- alternatif/, diakses 3 Mei 2011.

Yunus , Muhammad. 1994. Terjemah al-Qur’an al-Karim.

Bandung:PT al-Ma’arif, hlm. 244.




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/phen.2012.2.1.419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :
Journal Terindex di DOAJJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di AcademiaJournal Terindex di Portal GarudaJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di SintaJournal Terindex di Crossref Journal Terindex di BaseJournal Terindex di onesearch


Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA

Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo
Jl. Prof. Hamka km 2, Ngaliyan, Semarang - Indonesia
Phone: +62 24 7615387
Email: phenomenon@walisongo.ac.id