SIMPLE CHATBOT DEVELOPMENT TO HELP STUDENTS UNDERSTANDING EDUCATIONAL RESEARCH METHODOLOGY

Muhammad Izzatul Faqih*  -  (Scopus ID: 42061278500) Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan chatbot sederhana untuk membantu mahasiswa memahami metodologi penelitian pendidikan, (2) Mengetahui kelayakan chatbot sederhana untuk membantu mahasiswa memahami metodologi penelitian pendidikan, (3) Mengetahui respon chatbot sederhana untuk membantu mahasiswa memahami metodologi penelitian pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Developement (RND). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian aplikasi tersebut layak digunakan yaitu ditandai dengan skor 4,425 yang diberikan oleh 4 ahli teknologi. Pada penilaian SUS aplikasi secara adjective rating bernilai excellent, dengan grade scale bekategori B dan acceptability ranges masuk pada acceptable

Kata kunci: chatbot, metodologi penelitian pendidikan

Keywords: chatbot; metodologi penelitian pendidikan; dialogflow; firebase; apk;android

Open Access Copyright (c) 2020 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps