Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Siklus Air

Authors

  • Fitriana Khoirun Nisaa' Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Zuanita Adriyani Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.21580/jieed.v1i2.8238

Keywords:

Pop-up book, Pembelajaran Konsep Siklus Air, media visual, teaching water cycle concept

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah penggunaan media pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah yang masih kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar siswa pada materi konsep siklus air, dan respons siswa terhadap penggunaan pop-up book. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah Kelas V Sift 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas V Sift 2 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data menggunakan rumus korelasi biserial memperoleh hasil rbis (0,711171) lebih dari r-tabel (0,32) untuk taraf signifikan 5% maka H0 ditolak, Ha diterima. Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar siswa pada materi konsep siklus air adalah sebesar 50,41%, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Respon siswa terhadap penggunaan pop-up book adalah sebesar 88,26%, yaitu berada pada kategori sangat baik.

 

Abstract

This research is motivated by the problem of using learning media in Madrasah Ibtidaiyah which is still less varied. This study aims to determine the effect of using pop-up book media on student learning outcomes on the water cycle concept material, and student responses to the use of pop-up books. This research method is quasi-experimental. The sample of this research is Class V Shift 1 as the experimental class and class V Shift 2 as the control class. The results of data analysis using the biserial correlation formula obtained the results of rbis (0.71171) greater than rtable (0.32) for a significant level of 5%, then H0 was rejected, Ha was accepted. The effect of using pop-up book media on student learning outcomes on the water cycle concept material is 50.41%, and the rest is influenced by other variables. Student response to the use of pop-up books is 88.26%, which is in the very good category.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Barsihanor, B., Hafiz, A., KMR, G. N., & Budi, I. S. (2020). Pembuatan Media Pembelajaran Pop Up Book Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(4), 588–594.

Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digital (N. A. N. (ed.); 1st ed.). PT. Remaja Rosdakarya.

Dhamayanti, A. K. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Pop Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 1432–1437.

Hamdani, D., Kurniati, E., & Sakti, I. (2012). Pengaruh model pembelajaran generatif dengan menggunakan alat peraga terhadap pemahaman konsep cahaya kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Exacta, 10(1), 79–88.

Hasanah, U., Studi, P., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Tarbiyah, F., & Tadris, D. A. N. (2019). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V SD Negeri 99 Kota Bengkulu. 30.

Hendayani, S. (2019). Penerapan Strategi Reciprocal Teaching untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Pembelajaran Ips. JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam), 4(2), 102–112.

Kusumawati Heny. (2013). Buku Guru Kelas V Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita.

Martias, M., Suriyanto, A. D., & Triartanto, A. Y. (2019). Membangun Budaya Belajar Mahasiswa Melalui Pengembangan Teknologi Informasi. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 3(7), 1010–1021.

Putra, I. K. D., & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan Media Diorama Materi Siklus Air Pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2).

Sari, P. I., Gunawan, G., & Harjono, A. (2017). Penggunaan discovery learning berbantuan laboratorium virtual pada penguasaan konsep fisika siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 176–182.

Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 138–150.

Sylvia, N. I., & Hariani, S. (2015). Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap keterampilan menulis narasi siswa sekolah dasar. JPGSD, 3(2), 1196–1205.

Wati, E. T., & Zuhdi, U. (2017). Pengaruh media pop-up book terhadap hasil belajar siswa tema ekosistem kelas V SDN Karangpilang 1 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 254557.

Widia, W., Sarnita, F., Fathurrahmaniah, F., & Atmaja, J. P. (2020). Penggunaan Strategi Mind Mapping Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2).

WULANDARI, I. S. R. I. A. Y. U. (n.d.). Pengaruh penggunaan media pop up untuk meningkatkan hasil belajar ipa siswa sd islam taman quraniyah. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Downloads

Published

06-11-2021

How to Cite

Nisaa’, F. K., & Adriyani, Z. (2021). Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Siklus Air. Journal of Integrated Elementary Education, 1(2), 89–97. https://doi.org/10.21580/jieed.v1i2.8238