Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Sri Erdawati Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Auliaurrasyidin Tembilahan
  • Tina Sartika Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Auliaurrasyidin Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.21580/jieed.v2i2.10676

Keywords:

Keywords, E-Learning Learning, Student Learning Outcomes

Abstract

Abstrak
Ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang, dengan berkembangnya IPTEK dapat mempengaruhi dari berbagai bidang kehidupan, terutama di bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-learning terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 008 Simpang Gaung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 26 siswa SD Negeri 008 Simpang Gaung. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket, tes dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan rumus persentase dan uji statistik regresi sederhana. Hasil analisa data melalui angket dapat disimpulkan sebagai berikut: pada pelaksanaan E-Learning didapatkan angka 80,66% mencapai kategori ”Baik“, karena terletak pada interval 61% - 80%. Kemudian, berdasarkan data hasil tes yang dikerjakan oleh siswa dengan jumlah soal sebanyak 20 pertanyaan. Dari hasil tes tersebut didapatkan angka 87,31% dengan kategori ”Sangat Baik“, terletak pada interval 80% - 100%. Sehingga berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh E-Learning terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 008 simpang Gaung. Dari hasil regresi didapatkan bahwa nilai F_hitung ≥ F_tabel. F_hitung 7,68 sedangkan F_tabel 4,26. Maka artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara E-Learning terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 008 simpang gaung.
Kata Kunci: Pembelajaran E-Learning, Hasil Belajar Siswa

The Impact of E-Learning on Elementary School Students' Learning Outcomes
Abstract
Science and technology continue to develop, and the development of science and technology can affect various fields of life, especially in education. This study aims to determine the effect of e-learning on student learning outcomes at SD Negeri 008 Simpang Gaung. This type of research is quantitative research. The subjects in this study were 26 students of SD Negeri 008 Simpang Gaung. The data in this study were collected using questionnaires, tests, and documentation techniques. Furthermore, the collected data were analyzed using the percentage formula and simple regression statistical tests. The results of data analysis through questionnaires can be concluded as follows: in the implementation of E-Learning, it was found that 80.66% reached the "good" category, located in the 61%-80% interval. Then, based on the test results, students filled out a total of 20 questions. From the results of the test, it was found that 87.31% was in the "Very Good" category, located in the 80%–100% interval. So based on the results of data analysis, it can be concluded that there is an effect of e-learning on student learning outcomes at SD Negeri 008 Simpang Gaung. From the regression results, it is found that the value of F_count is less than F_table. F_count 7.68 while F_table 4.26. So it means that E-Learning has a positive and significant influence on student learning outcomes at SD Negeri 008 Simpang Echo.
Keywords: E-Learning, Learning, Student Learning Outcomes

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, Selfina., & Fuaddilah, A.S. (2020). Studi Perbandingan Prestasi SIswa SD dengan MI Pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 4 Palembang. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 174-182. https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/294

Astuti, M. (2021). Analisis Efektifitas Penyelenggaraan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Integrated Elementary Education, 1(1), 49-58. doi: https://doi.org/10.21580/jieed.v1i1.7224

Susanto, Ahmad. (2003). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nu’man, Ahmad Zanin. (2014). Efektifitas Penerapan E-learning Model Edmodo dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Hasil Belajar Siswa. DutaCom: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi, 7 (1), 1-14. http://ojs.udb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/597

Ahmad, S., Tri, M., & Siti, K. R. (2018). Studi tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2 (2), 115-123. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/114

Anuarrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Haryadi, Rudi., & Al Kansa, H.N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Al-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 7 (1), 68-73. https://ejournal.inzah.ac.id/index.php/attalim/article/view/426

Munir. (2012). Pembelajaran Jarak Jauh: Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi. Bandung : Alfabeta.

Putri, R., Suyadi, S., & Siregar, V. (2021). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Teori Konstruktivisme. Journal of Integrated Elementary Education, 1(1), 1-17. doi: https://doi.org/10.21580/jieed.v1i1.7671

Rahayu, Sri. & Triesninda Pahlevi. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning dengan Google Meet Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengambangan Pendidikan. 5 (1). 91-99. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/32919

Riduwan. (2009). Skala Pengukur Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Rikizaputra, & Sulastri, H. (2020). Pengaruh E-Learning dengan Google Classroom terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa. Lectura: Jurnal Pendidikan. 11 (1). 106-118. http://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/article/view/3760

Rusman. (2016). Model–model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taslim, T., Toresa, D., & Syahtriatna, S. (2017). Pengaruh Pengaplikasian E-learning Terhadap Hasil Belajar (Studi Kasus : Mahasiswa Keamanan Komputer Fasilkom Unilak). INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, 2(2), 182-188. doi: https://doi.org/10.35314/isi.v2i2.205

Undang-undang RI NO. 20, tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

15-09-2022

How to Cite

Erdawati, S., & Sartika, T. (2022). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Integrated Elementary Education, 2(2), 105–116. https://doi.org/10.21580/jieed.v2i2.10676

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.