Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtidaiyah Miftahus Shibyan Semarang

Main Article Content

Tri Yulinar
Arsan Shanie

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Miftahus Shibyan Semarang pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Metode kuasi eksperimen telah dilakukan dengan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil observasi sebelum pemberian perlakuan menunjukkan bahwa siswa terlihat pasif, merasa bosan, sulit memahami materi,  mengantuk, tidak semangat, dan kurang aktif di dalam proses pembelajaran. Selain itu, hasil belajar siswa juga tergolong rendah.  Adapun hasil observasi setelah pemberian perlakuan menunjukkan bahwa siswa terlihat aktif, lebih semangat, antusias dalam belajar, termotivasi, dapat memahamkan materi. Selain itu, hasil belajar siswa setelah pemberian perlakuan juga mengalami peningkatan karena nilai rata-rata pre-test pada kelas eksperimen adalah 53,065 dan nilai post-test adalah 85,645. Selain itu, hasil perhitungan koefisien uji regresi linier sederhana diperoleh t_hitung  4,073 >  t_(tabel )  2,022 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05, artinya terdapat pengaruh variabel X terhadap variiabel Y. Dengan demikian, penggunaan media audio visual terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan kontribusi sebesar 36,4%, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.AbstractThis study aims to determine the effect of the use of audio-visual media on the learning outcomes of Madrasah Ibtidaiyah Miftahus Shibyan Semarang students in Natural Science subjects. Quasi-experimental methods have been carried out with observation, test, and documentation methods. The results of observations before giving treatment showed that students looked passive, bored, difficult to understand the material, sleepy, not enthusiastic, and less active in the learning process. In addition, student learning outcomes are also relatively low.  The results of observations after giving treatment showed that students looked active, more enthusiastic, enthusiastic in learning, motivated, and able to understand the material. In addition, student learning outcomes after treatment also increased because the average pre-test score in the experimental class was 53,065, and the post-test score was 85,645. In addition, the simple linear regression test coefficient calculation results were obtained t_hitung 4.073 > t_(table) 2.022 with sig values. 0.000 < 0.05, meaning that variable X influences variability Y. Thus, the use of audio-visual media is proven to affect the learning outcomes of Natural Sciences with a contribution of 36.4%, and the rest is influenced by other variables.

Article Details

How to Cite
Yulinar, T., & Shanie, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtidaiyah Miftahus Shibyan Semarang. Journal of Integrated Elementary Education, 3(1), 58–68. https://doi.org/10.21580/jieed.v3i1.15406
Section
Articles
Author Biography

Arsan Shanie, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

References

Abdullah, D., & Maryati, T. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 185-196.

Agung Purwono & Widi Astuti. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Muatan IPA Subtema Benda Tunggal dan Campuran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V MI Setia Bhakti Trawas. Jurnal Program Studi PGMI, 8(2), 244-245. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1056

Agustina, M. (2018). Peran Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Dalam Pembelajaran IPA Madrasah Ibtidaiyah (MI) / Sekolah Dasar (SD). AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 10(1), 1 - 10. https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/110

Amalia Rizki Wulandari, dkk. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal ilmu pendidikan. 3(6), 3780. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1251

Anjani, D., Pauziah, U., & Novianti, D. (2022). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Perekam Layar di Madrasah Ibtidaiyah Far'ul Hidayah Depok. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 69-79. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.322

Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digital (N. A. N., Ed.; 1st ed.). PT. Remaja Rosdakarya.

Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran MI/SD (D. N. Ariani (ed.); 1st ed.). CV Graha Edu. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7054336

Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 74–84. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950

Batubara, H. H., Sumantri, M. S., & Marini, A. (2023). Media Pembelajaran Komprehensif. Graha Edu.

Edy Kurniawan, dkk. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa Kelas II MI Dwi Dasa Warsa, Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1) 27-38.

Erdawati, S., & Sartika, T. (2022). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Integrated Elementary Education, 2(2), 105–116. https://doi.org/10.21580/jieed.v2i2.10676

Faishol, R., & Mashuri, I. (2021). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas 2 MI Tarbiyatus Sibyan Srono. INCARE, International Journal of Educational Resources, 1(6), 523-540. http://ejournal.ijshs.org/index.php/incare/article/view/210

Hakim, A. K., Yektyastuti, R., & Mawardini, A. (2022). Pengaruh Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN2 Babakan. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(2), 1. https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.58281

Hakim, A., Yektyastuti, R., & Mawardini, A. (2022). Pengaruh Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN2 Babakan. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 5(2), 1-9. http://dx.doi.org/10.20961/shes.v5i2.58281

Hardiah, M. (2019). Improving Students Listening Skill by Using Audio Visual Media. Al-Lughah: Jurnal Bahasa, 7(2), 39.

Hidaya, Z. Y. P., Laily, I. F., & Ummah, I. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Integrated Elementary Education, 2(2), 144–156.

Hutauruk, P., & Simbolon, R. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. Jurnal Pendidikan, 8(2), 112.

Imam Machali. (2021). Metode Penelitian Kombinasi Kuantitatif Panduan Praktis

Irjus Indrawan, dkk. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jawa Tengah: CV. Pena Persada.

Isnaeni, R., & Radia, E. H. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 304-313. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/281

Mahfudin, M., Cahyani, I., & Adji, S. S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Audio Visual dan Motivasi Belajar Terhadap IPA di Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 67. https://doi.org/10.30997/dt.v8i1.4009

Mujazi, dkk, (2021). Penggunaan Media WhatsApp Untuk Meningkatkan Literasi Digital di Masa Covid-19. Jurnal Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin, 4, 245– 250.

Nurdiansyah, & Amalia, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Jurnal Pendidikan, 1,1–8.

Prayekti, H., Haryadi, & Utomo, U. (2018). The Effect of Numbered Heads Together (NHT) Model Assisted with Audio Visual Media On The Learning Outcomes of Identifying Story Elements of Students Grade V. Journal of Primary Education, 8(2), 232–237.

Purwono, A., & Astuti, W. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Muatan IPA Subtema Benda Tunggal dan Campuran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V MI Setia Bhakti Trawas. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8(2 SE-Articles). https://doi.org/https://doi.org/10.36835/modeling.v8i2.1056

Sari, R. K., Mudjiran, M., Fitria, Y., & Irsyad, I. (2021). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik berbantuan permainan edukatif di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5593-5600. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1735

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Di SDN Cikokol 2. As-sabiqun, 2(1), 7-17. https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun/article/view/611

Setyowati, D., Al Rasyid, H., & Ramansyah, W. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Negeri Pejagan 1. Jurnal Pamator, 11(1), 92-93. https://doi.org/10.21107/pamator.v11i1.4448

Siswanto, MA & Susanto, Ratnawati. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 7(3), 522-527. http://dx.doi.org/10.29210/30032101000

Sugiyono. (2022). Metode penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23-27. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/77

Wati, E., & Purwanti, K. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Perkalian Melalui Penggunaan Media Tutup Botol pada Siswa Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Integrated Elementary Education, 2(1), 29-42. doi:https://doi.org/10.21580/jieed.v2i1.10778

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.