Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Perkalian Melalui Penggunaan Media Tutup Botol pada Siswa Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah

Emy Eko Wati*  -  Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Khairat, Indonesia
Kristi Liani Purwanti  -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian dua bilangan pada Tema “Bermain di Lingkunganku” melalui penggunaan media tutup botol pada siswa kelas 2 di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Khairat Kota Semarang. Hal yang mendasari peneliti melakukan penelitian ini adalah karena hasil belajar perkalian sebagai penjumlahan berulang pada sebagian besar peserta didik masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan media tutup botol dan teori Bruner dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan rata-rata ketercapaian dari 66% pada siklus 1 menjadi 97% pada siklus 2. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan tutup botol dengan menerapkan teori Bruner dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas 2 terhadap konsep perkalian dua bilangan sebesar 97%.

In English: This study aims to improve understanding of the concept of multiplication of two numbers on the theme "Playing in My Environment" through bottle cap media for grade 2 students at Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Khairat Semarang. The thing that underlies the researchers doing this research is that the results of learning multiplication as repeated addition in most students are still below the Minimum Completeness Criteria (KKM). This research uses classroom action research (CAR) with two cycles. Each cycle includes planning, implementation, observation, evaluation, and reflection. The data collection technique used is the test. The results showed that the implementation of learning with bottle cap media and Bruner's theory could improve student learning outcomes with an average achievement of 66% in cycle 1 to 97% in cycle 2. So, using bottle caps by applying Bruner's theory can improve 2nd-grade students' understanding of the concept of multiplication of two numbers is 97%.

Keywords: Tutup Botol, Pemahaman Konsep Perkalian, Sekolah Dasar

  1. A’la Khoiriyah, Z., Aminah, S. N., Permatasari, D., & Hanik, E. U. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Memahami Soal Cerita Perkalian dengan Metode RME Kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Ketileng. ARZUSIN, 1(1), 64–76. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/arzusin/article/view/108
  2. Afifah, H. N., & Fitrianawati, M. (2021). Pengembangan Media Panlintarmatika (Papan Perkalian Pintar Matematika) Materi Perkalian Untuk Siswa Sekolah Dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 41–47. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5785
  3. Bruner, J. S. (1964). The course of cognitive growth. American Psychologist. https://doi.org/10.1037/h0044160
  4. Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan). https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50
  5. Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar pada Materi Perkalian Bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32–44. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/1073
  6. Irma Pravitasari, Sukarno, S. (2016). Penggunaan Media Dakon Terpadu Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Sebagai Penjumlahan Berulang. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 4(5). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/8518
  7. Kusnandar, N. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GELAS PERKALIAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PERKALIAN. JESA - Jurnal Edukasi Sebelas April, 6(1 SE-Articles), 10–18. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa/article/view/11
  8. Lestari, I. P., Dewi, R. F. K., & Ulia, N. (2020). Pengembangan You-Mathbook Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Pada Siswa SD Islam Darul Huda Kota Semarang. Profesi Pendidikan Dasar; Vol. 7, No. 1, Juli 2020DO - 10.23917/Ppd.V7i1.10969. https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/10969
  9. Lestari, K. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.
  10. Maulana, I. M., Yaswinda, Y., & Nasution, N. (2020). Pengenalan Konsep Perkalian Menggunakan Media Rak Telur Rainbow pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 512–519. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/370
  11. Mei, M. F., Baptis Seto, S., & Trisna Sero Wondo, M. (2020). Pembelajaran Kontekstual Melalui Permainan Kelereng Pada Siswa Kelas III SD Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian. JUPIKA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3(2 SE-), 61–70. https://doi.org/10.37478/jupika.v3i2.669
  12. Mukrimatin, N. A., Murtono, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara Pada Materi Perkalian Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 67–71. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2277
  13. Muthmainnah, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Tutup Botol di TK Meulati Mon Pasong Aceh Barat. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 75–93. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/6391
  14. Rini, J. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Bilangan Desimal dengan Metode Latis. SEMAI: Seminar Nasional PGMI, 1(1), 657–667. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai/article/view/374
  15. Suherdi, S., & Mujib, A. (2020). Perkalian Silang Vs. Perkalian Bersusun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 2(2), 101–112. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JPPT/article/view/606
  16. Wahyuningtyas, D. T., & Ladamay, I. (2016). Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Dan Pembagian Bilangan Bulat Menggunakan Media Wayangmatika. Jurnal Pancaran, 5(3), 51–60.
  17. Zumrotun, E., & Attalina, S. N. C. (2020). Media Pembelajaran Tutup Botol Pintar Matematika Meningkatkan Hasil Belajar Matematik. MIMBAR PGSD Undiksha; Vol 8, No 3 (2020): OktoberDO - 10.23887/Jjpgsd.V8i3.29191 . https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/29191

Open Access Copyright (c) 2022 Emy Eko Wati, Kristi Liani Purwanti
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons

All contents published in the Journal of Integrated Elementary Education are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps